Ragam Perayaan HUT ke-77 Republik Indonesia di Daop 8 Surabaya

Ragam Perayaan HUT ke-77 Republik Indonesia di Daop 8 Surabaya

Travel | BuddyKu | Rabu, 17 Agustus 2022 - 12:15
share

SURABAYA , iNews . id - Menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesi, PT KAI (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya turut menyemarakkan dengan berbagai kegiatan.

Mulai dari hadirnya livery khusus pada lokomotif dan kereta, pembagian souvenir di beberapa stasiun besar, hingga menghentikan sejenak kegiatan/aktivitas untuk mengheningkan cipta yang dilaksanakan oleh seluruh petugas dan pelanggan.

Kegiatan ini merupakan implementasi semangat cinta tanah air KAI dalam menyediakan konektivitas untuk masyarakat Indonesia, terang Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif.

Untuk pemasangan livery khusus, KAI Daop 8 memasang pada KA Argo wilis (Surabaya Gubeng-Bandung PP), KA Bima (Surabaya Gubeng-Bandung PP), KA Sembrani (Surabaya Gubeng-Bandung PP), serta beberapa KA lainnya.

Livery tersebut berlatar warna merah dengan gambar tangan yang memegang Bendera Merah Putih yang berkibar, Garuda Pancasila, siluet kepulauan Nusantara, logo Kemerdekaan Ke-77 RI dengan tema Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat, serta tulisan Dirgahayu Republik Indonesia #KAIUNTUKINDONESIA berwarna putih.

Sementara itu, Peringatan HUT RI dilakukan secara serentak bersama dengan seluruh pelanggan yang melakukan perjalanan pada 17 Agustus 2022 pukul 10.00 WIB serta pelanggan yang berada di stasiun-stasiun.

Pelanggan diinstruksikan untuk berdiri dan melakukan hening cipta diiringi dengan lagu Mengheningkan Cipta.

Pada saat memasuki detik-detik Proklamasi, pelanggan kemudian mendengarkan pemutaran rekaman pembacaan teks Proklamasi dan lagu Indonesia Raya.

Meski dilakukan secara sederhana namun peringatan HUT RI tetap berjalan dengan khidmat dan mematuhi protokol kesehatan, kata Luqman Arif.

Tak hanya itu, para petugas frontliner yang terdiri dari petugas customer service on station, ticketing officer, dan announcer di stasiun mengenakan pakaian bernuansa kemerdekaan Republik Indonesia.

Sebagai hiburan, KAI Daop 8 Surabaya membagikan beberapa souvenir menarik bagi pelanggan yang beruntung.

Pembagian souvenir ini dilakukan di beberapa stasiun diantaranya Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, Bojonegoro, dan Mojokerto.

Para pelanggan diberi kesempatan untuk mendapatkan hadiah menarik dengan undian.

Dukung Pelaksanaan SE Kemenhub no.80 Tahun 2022, KAI Daop 8 Surabaya Hadirkan Fasilistas PCR

Dalam rangka mendukung pemerintah untuk menghentikan penyebaran Covid-19 khususnya dilingkungan KAI, Daop 8 Surabaya menghadirkan kembali layanan pemeriksaan PCR seharga Rp 195.000,- mulai 16 Agustus 2022.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengatakan bahwa layanan pemeriksaan ini hadir untuk mempermudah pelanggan dalam memenuhi persyaratan dari pemerintah.

Hadirnya layanan tes PCR di stasiun ini merupakan salah satu upaya KAI memberikan peningkatan pelayanan kepada pelanggan dan membantu masyarakat dalam melengkapi persyaratan untuk naik kereta api, terangnya.

Layanan pemeriksaan PCR ini hadir di 3 stasiun dengan jam operasional :

Stasiun Surabaya Gubeng : 05.00 - 19.00 WIB

Stasiun Surabaya Pasarturi : 08.00 - 22.00 WIB

Stasiun Malang : 07.00 - 17.00 WIB

Untuk dapat melakukan tes PCR di stasiun, calon pelanggan harus menunjukkan kartu identitas dan tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah dibayarkan.

Hasil tes PCR akan keluar maksimal 1x24 jam setelah pengambilan sampel melalui email pelanggan serta sudah terintegrasi dengan aplikasi Peduli Lindungi.

Para pelanggan Kereta Api diharapkan dapat memanfaatkan berbagai layanan tersebut dan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin pada saat menggunakan layanan kereta api guna mencegah penyebaran Covid-19 melalui transportasi kereta api, pungkas Luqman.

Topik Menarik