Angkatan Udara Cina dan Thailand Menggelar Latihan Militer Bersama Mulai Esok

Angkatan Udara Cina dan Thailand Menggelar Latihan Militer Bersama Mulai Esok

Travel | BuddyKu | Sabtu, 13 Agustus 2022 - 22:34
share

BEIJING, iNews.id Angkatan udara China dan Thailand bakal menggelar latihan militer gabungan selama sepuluh hari. Latihan yang bersandikan Serangan Elang 2022 itu diadakan di Pangkalan Angkatan Udara Kerajaan Thailand (RTAF) di Udorn Thani, Thailand, mulai Minggu (14/8/2022) besok. Kementerian Pertahanan Nasional China (MND) mengungkapkan, materi latihan gabungan itu meliputi dukungan udara, serangan sasaran darat, dan pengerahan pasukan dalam skala kecil hingga besar. Latihan gabungan tersebut bertujuan untuk meningkatkan rasa saling percaya dan mempererat persahabatan antarpasukan udara kedua negara.

Serta meningkatkan kerja sama praktis kemitraan strategis yang komprehensif, ungkap MND di laman resminya pada Jumat (12/8/2022) kemarin. Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAAF) bakal mengerahkan enam unit jet tempur J-10C/S sebanyak enam unit, satu unit jet bomber JH-7AI, dan satu pesawat pengintai dini Shaanxi KJ-500 dalam latihan di Thailand itu.

Sementara pihak RTAF menyertakan lima pesawat Gripen, tiga pesawat serang Alphajet, dan satu pesawat pengintai dini SAAB 340 AEW. PLAAF dan RTAF telah melakukan lima kali latihan gabungan sejak 2015 dan terakhir pada 2019 d Udorn Thani. Latihan gabungan tempur udara China-Thailand tersebut seharusnya digelar setiap tahun, namun ditiadakan pada 2020 dan 2021 karena pandemi Covid-19.

Latihan selama sepuluh hari tersebut digelar di tengah memanasnya situasi di kawasan Asia Pasifik baru-baru ini, terutama di Selat Taiwan dan Laut China Selatan.

Dalam melengkapi peralatan tempur udaranya, Thailand membeli dari negara-negara Barat, termasuk Amerika Serikat yang saat ini menjadi rival utama China di bidang pertahanan. Namun perlengkapan armada laut dan peralatan tempur darat Thailand dibeli dari China. Latihan gabungan pasukan udara di Udorn Thani tersebut diduga sebagai bentuk penjajagan kerja sama lebih lanjut antara militer Thailand dan China. Udorn Thani merupakan basis Komando Udara Wing 23 RTAF yang berlokasi di wilayah timur laut Thailand.

Topik Menarik