Loading...
Loading…
Ayam Bumbu Rujak

Ayam Bumbu Rujak

Powered by BuddyKu
Travel | Inews | Jumat, 12 Agustus 2022 - 21:34

JAKARTA, iNews.id - Ayam bumbu rujak merupakan salah satu menu yang enak dan lezat digemari banyak orang. Sesuai dengan namanya, hidangan ini memiliki rasa pedas dan manis menggugah selera.

Ayam bumbu rujak dikenal sebagai makanan khas Jawa yang terbuat dari daging ayam yang masih muda. Kemudian, daging ayam dibumbui bumbu merah yang digiling. Bumbu merah tersebut terbuat dari garam, bawang putih, bawang bombai dan cabai merah.

Kali ini, jika tertarik mencicipi ayam bumbu rujak, Anda bisa membuat di rumah dengan resep pilihan. Anda bisa membuat ayam bumbu rujak panggang untuk menu sehari-hari.

Penasaran, bagaimana cara membuat ayam bumbu rujak panggang yang enak? Berikut ulasannya dirangkum melalui berbagai Instagram, Pada Jumat (12/8/2022).

Bahan ayam bumbu rujak:

1 ekor ayam
2 batang sereh geprek
2 lembar daun salam
6 lembar daun jeruk buang tulang tengahnya
1 lembar daun pandan ikat simpul
2 bungkus kecil santan kara
1 sdm asam Jawa larutkan air
Secukupnya garam, gula pasir

Bumbu halus:

5 bawang putih
10 bawang merah
4 butir kemiri goreng/sangrai
1/2 sdm biji ketumbar sangrai
5 cabai merah besar
1 bungkus terasi bakar
5 cm lengkuas
1 tomat
2 sdm gula merah

Cara masak:

1. Tumis bumbu halus, sereh, salam, daun jeruk, daun pandan sampai harum dan matang, masukkan ayam, aduk sampai berubah warna dan ayam agak kecoklatan. 2. Masukkan air, santan, air asam Jawa, garam, gula, ungkep sampai ayam matang dan air bumbu menyusut kental, pisahkan ayam dan bumbu.
3. Siapkan loyang, alasi aluminium foil, susun ayam, olesi bumbu, panggang suhu 230 derajat selama 15-20 menit, sajikan.

Original Source

Topik Menarik