Hajat Laut di Kawasan Pantai Rancabuaya Dimeriahkan Berbagai Kegiatan

Hajat Laut di Kawasan Pantai Rancabuaya Dimeriahkan Berbagai Kegiatan

Travel | BuddyKu | Jum'at, 12 Agustus 2022 - 18:54
share

GARUT, iNews.id Prosesi hajat laut dilaksanakan warga masyarakat sejak puluhan tahun. Hingga sekarang, budaya warisan leluhur tersebut masih dilakukan.

Salah satunya di kawasan pesisir Pantai Rancabuaya, Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Jumat (12/8/2022).

Agenda umum yang dilakukan saat hajat laut ialah melarung berbagai macam sesajen, seperti hewan ternak, makanan, maupun benda-benda lainnya.

Panitia penyelenggara hajat laut, Pupun mengatakan acara tasyakuran nelayan merupakan agenda tahunan yang setiap tahun dilaksanakan, dan ini merupakan bentuk rasa sukur warga nelayan Rancabuaya kepada Allah SWT.

Acara tasyakur nelayan ini merupakan agenda tahunanyang selalu diselenggarakan oleh warga, kegiatan ini merupakan bentuk rasa sukur kami kepada Allah SWT, katanya.

Sambung Pupun, acara tasyakur nelayan ini akan berlangusung selama 3 hari, yaitu dimulai dari tanggal 12 Agustus sampai dengan 15 Agustus mendatang.

Hari ini merupkan hari pembuka yang diisi dengan upacara adat, larung saji, dan do\'a bersama.

Dilanjutkan dengan berbagai pentas seni budaya, tabligh akbar, dan akan ditutup dengan pagelaran Wayang Golek Putra Giri Harja 3, paparnya.

Masih kata Pupun, pihaknya mengucapakan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara ini, mudah-mudahan acara tasyakur nelayan ini bisa berjalan lancar.

Topik Menarik