Loading...
Loading…
Peka Isu Lingkungan, Restoran Ini Beri Info Jejak Karbon di Menu

Peka Isu Lingkungan, Restoran Ini Beri Info Jejak Karbon di Menu

Powered by BuddyKu
Travel | Genpi | Jumat, 12 Agustus 2022 - 02:16

GenPI.co - Peka akan isu lingkungan, sebuah restoran asal Inggris ini memberikan infromasi perihal jejak karbon yang terkandung dalam sajian.

Restoran bernama The Canteen itu menginformasikan jejak karbon tiap sajian di dalam menu, tetap di sebelah informasi harga.

Misalnya, menu beetroot and carrot pakora with yoghurt memiliki jejak karbon sebanyak 16 gram emisi CO2.

Lalu, menu terong dengan saos miso dan harissa dengan tabbouleh dan roti paggang Zaatar menghasilkan 675 gram karbondioksida.

Menu di restoran tersebut juga mencatat perbandingan dengan hidangan yang tidak mereka sajikan.

Contohnya, burger daging sapi yang diproduksi di Inggris yang menghasilkan emisi 10 kali lipat dibandingkan olahan alternatifnya.

The Canteen melakukan hal tersebut sebagai bagian dari kampanye yang dipelopori badan amal vegan Inggris, Viva!.

Manajer restoran The Canteen Liam Stock menyebut langkah tersebut sebagai cara untuk melihat dan memahami tindakan yang telah dilakukan manusia terkait krisis iklim.

Mengenai apakah jejak karbon mempengaruhi pilihan pesanan para pengunjung, hal tersebut masih perlu untuk ditilik kembali.

Namun demikian, Stock mengatakan inovasi menu restorannya telah memicu minat dan dukungan.

"Di Inggris jika kamu memiliki restoran besar, menjadi kewajibanmu untuk menyediakan informasi mengenai kalori di menu, tapi banyak orang mengatakan mereka lebih tertarik pada jejak karbon, ungkapnya.

Untuk menghitung jejak karbon pada makanan, The Canteen mengirimkan resep dan sumber bahan yang mereka gunakan ke perusahaan khusus bernama MyEmissions.

Perusahaan itu dapat menghitung dampak karbon yang dihasilkan dengan mempertimbangkan aspek pertanian, pemrosesan, pengangkutan, hingga pengemasan.(ant)

Kalian wajib tonton video yang satu ini:

Original Source

Topik Menarik