Jelang Penilaian Tim UNESCO, Manajemen Geopark Merangin Gandeng RInjani

Jelang Penilaian Tim UNESCO, Manajemen Geopark Merangin Gandeng RInjani

Travel | BuddyKu | Kamis, 11 Agustus 2022 - 21:01
share

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Manajemen Geopark Nasional Merangin Jambi menggandeng tim Geopark Rinjani Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) Narmada Lingsar untuk pendampingan dalam rangka persiapan menjelang penilaian oleh tim UNESCO terhadap warisan dunia geopark di Kabupaten Merangin Provinsi Jambi.

"Kita berharap agar Geopark Nasional Merangin Jambi, bisa mengikuti jejak Rinjani Lombok Unesco Global Geopark yang sudah berhasil lolos menjadi UNESCO Global Geopark atau UGG," kata Bupati Merangin H Mashuri, Kamis (11/8/2022).

Pemerintah Kabupaten Merangin mendampingi manajemen Geopark Merangin menandatangani nota kesepakatan atau Memorandum of Agreement (MoA) dengan manajemen Rinjani Lombok UNESCO yang digelar berlangsung di Auditorium Hotel Lombok Raya, Nusa Tenggara Barat.

Penandatanganan MoA dilakukan antara General Manager Geopark Nasional Merangin Jambi Agus Zainuddin dengan General Manager Badan Pengelola Rinjani Lombok UNESCO Global Geopark Mohamad Farid Zaini.

Menurut Bupati Mashuri, pendampingan itu untuk memastikan tahapan dan proses Geopark Merangin Jambi menjadi UGG berjalan baik dan menjadi warisan dunia yang diakui badan internasional itu.

Ke depannya, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Merangin dan Badan Pengelola Rinjani Lombok UNESCO Global Geopark akan bekerjasama dan berkolaborasi dalam pengembangan dan pengelolaan taman bumi (geopark) yang dilakukan di masing-masing daerah.

Untuk mengikuti jejak Rinjani Lombok UGG itu lanjut bupati, tentunya berbagai pengembangan dan pengelolaan taman bumi Rinjani Lombok UGG harus diikuti betul, sehingga tidak meleset dari penilaian yang akan dilakukan.

"Intinya kita akan adopsi betul apa yang sudah dilakukan Rinjani Lombok UGG, sehingga Geopark kita bisa lolos menjadi Merangin Jambi UGG. Untuk itu semua perlu dipelajari dengan matang," kata Bupati Merangin Mashuri.

Sementara General Manager Geopark Nasional Merangin Jambi Agus Zainuddin menerangkan MoA itu dilakukan untuk meningkatkan kerjasama dalam upaya efisiensi dan efektivitas pengembangan dan pengelolaan geopark di kawasan masing-masing.

"Tujuan kita untuk mengoptimalkan pengelolaan dan pengembangan sumberdaya yang dimiliki oleh masing-masing geopark, guna meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan," katanya.

Topik Menarik