KSAL: Jika Bukan karena Megawati KRI Dewaruci Sudah Jadi Museum

KSAL: Jika Bukan karena Megawati KRI Dewaruci Sudah Jadi Museum

Travel | BuddyKu | Kamis, 11 Agustus 2022 - 13:33
share

JAYAPURA, iNews.id - TNI AL menggelar acara Napak Tilas Ratu Kalinyamat Pahlawan Maritim Nusantara di Jakarta, Kamis (11/8/2022). Acara dihadiri Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dan Presiden Kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri.

Pada kesempatan itu Laksamana Yudo Margono mengapresiasi atas jasa Megawati, KRI Dewaruci masih bisa eksis meskipun sudah berusia 69 tahun.

TNI
TNI AL menggelar acara Napak Tilas Ratu Kalinyamat Pahlawan Maritim Nusantara di Jakarta, Kamis (11/8/2022). (Foto: Dok. TNI AL).

Bagi TNI AL, KRI Dewaruci ini berkat jasa beliau yang sangat besar, jika bukan perhatian dan jasa besar Ibu Megawati kapal ini sudah jadi museum, ujar Yudo.

Dia menuturkan, meskipun bukan dari kalangan militer, namun Megawati memiliki kepedulian dan perhatian sangat besar terhadap pembangunan kekuatan militer. Terutama, kata dia TNI AL.

Dalam acara itu juga hadir Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijati dan Laksamana TNI Bernard Kent Sondakh.

Hadir juga budayawan Sujiwo Tejo, Kepala Perpustakaan Nasional, dan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Diketahui, Ratu Kalinyamat merupakan salah satu putri dari Raja Demak Trenggana (1521-1546). Dia merupakan seorang ratu dari Kerajaan Kalinyamat di Jepara.

Ratu Kalinyamat satu-satunya raja perempuan pada abad 16 yang berani dan berhasil membangun kekuatan angkatan laut yang besar dan kuat. Ratu Kalinyamat memiliki peran penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan Portugis pada abad XV.

Topik Menarik