Loading...
Loading…
Ciri-ciri Hp Overheat dan Cara Mengetahuinya yang Wajib Anda Tahu

Ciri-ciri Hp Overheat dan Cara Mengetahuinya yang Wajib Anda Tahu

Powered by BuddyKu
Travel | iNewsBatu | Selasa, 09 Agustus 2022 - 16:13

BATU, iNews.id - Sebuah smartphone/HP terkadang akan berasa panas saat dipakai untuk menggulir linimasa sosial media, melihat video streaming, atau bermain games dalam durasi waktu yang lumayan lama.

HP yang keluarkan panas yang berlebihan atau disebut HP overheat, pasti memunculkan rasa yang tidak nyaman saat dipegang di telapak tangan. Belum juga efek yang diakibatkan dari HP overheat.

Jika keadaan overheat terus-terusan terjadi, bermacam games dan aplikasi yang jalan pada HP dapat terusik. Sering, HP overheat dapat hentikan paksa aplikasi dan games yang aktif, sebagai usaha untuk turunkan temperatur panas pada perangkat tersebut.

Cara periksa HP overheat

Bila keadaan ini selalu dibiarkan, overheat bisa mempengaruhi usia hidup sebuah HP. Untuk ketahui sumber persoalan dari HP yang overheat, pemakai perlu memperhatikan dua factor, yaitu chipset dan battery.

Anda bisa memeriksa tempat di sekitar camera punggung handphone Android. Jika sisi itu berasa panas, maka overheat di HP Android disebabkan karena performa chipset yang berlebihan.

Saat sisi punggung HP memunculkan panas secara rata, karena itu overheat datang dari battery.

Untuk mencegah berlangsungnya HP Android overheat, silahkan cek kondisi pengisi daya yang kerap dipakai. Jika ada kerusakan pada kabel USB pengisi daya, selekasnya tukar pengisi daya itu dengan unit yang baru.

Nah, untuk ketahui apa HP Android sedang overheat atau mungkin tidak, Anda bisa memakai bantuan program pihak ketiga namanya CPU Info.

Aplikasi ini bisa tampilkan temperatur pada chipset dan battery hingga bisa membantu pemakai dalam mengawasi performa HP.

Berikut sebagai cara mengecek HP Android yang overheat,dikutip dari lamandari Slash Gear, Selasa (9/8/2022).

Langkah ketahui HP Android yang overheat

  • Unduh aplikasi CPU Info lewat Google Play Store
  • Click menu Temperature
  • Melalui menu ini, Anda bisa ketahui temperatur pada chipset dan battery.
  • Saat pada kondisi stand-by dengan kata lain tidak dipakai, temperatur wajar sebuah HP biasanya ada di angka 35 derajat Celcius.
  • Dan saat dipakai, sebuah HP akan disebutkan overheat saat capai temperatur di atas 43 derajat Celcius.

Beberapa faktor yang bisa mengakibatkan sebuah HP overheat bisa dibaca melalui daftar berikut ini.

Nah itu tadi sedikit ulasan tentang ciri-ciri hp overheat dan cara mengetahuinya, semoga bermanfaat.

Original Source

Topik Menarik