Lurah Panggungharjo Bantul Wakili Indonesia Jadi Peserta KTT di Jerman

Lurah Panggungharjo Bantul Wakili Indonesia Jadi Peserta KTT di Jerman

Travel | BuddyKu | Senin, 8 Agustus 2022 - 11:52
share

BANTUL , iNews.id - Lurah Panggungharjo Kapanewon Sewon Kabupaten Bantul, Wahyudi Anggoro Hadi menjadi wakil Indonesia dalam konferensi tingkat tinggi (KTT) New Rural di Frankfurt, Jerman pada pertengahan bulan Juli lalu. Wahyudi berangkat bersama Lurah Grenggeng, Kecamatan karanganyar, Kebumen, Jawa Tengah.

KTT ini untuk menggagas ide-ide masa depan. Kisah-kisah sukses para kepala desa akan diterapkan untuk membangun peradaban baru dunia.

Sarjana apoteker ini bertolak ke Jerman selama 14 hari dan baru pulang ke Indonesia akhir bulan Juli 2022. Selama dalam KTT, Wahyudi banyak berbagi ilmu berkaitan kebijakan yang ia ambil dalam memimpin Kalurahan urban, Panggungharjo.

Kami lebih banyak melakukan dialog dengan 41 negara peserta, ujar dia, Minggu (7/8/2022).

Dari Indonesia, Wahyudi menjadi salah satu perwakilan bersama Kades Grenggeng. KTT New Rural Agenda merupakan gagasan dari sebuah organisasi nirlaba asal Majalengka yang berfokus pada kajian kehidupan lokal pedesaan yang pada kesempatan itu turut diundang ikut bagian.

KTT tersebut lebih banyak diisi dengan kegiatan diskusi dan bertukar gagasan soal sistem pemerintahan desa di masing-masing negara. Dalam hal ini, pertemuan negara-negara tersebut bertujuan untuk merubah perspektif masyarakat desa untuk dunia dimasa depan.

Wahyudi mengungkapkan KTT itu sebenarnya merupakan agenda pameran seni rupa 5 tahunan yang diadakan oleh Documenta Fifteen. KTT tersebut diselenggarakan di salah satu kota di Jerman, Kassel.

Termasuk ada New Rural Agenda, ujarnya.

Terpilihnya Wahyudi mewakili Indonesia tidak lepas dari gagasannya membangun konsep ketahanan pangan melalui prinsip sosial, budaya dan agama, dimana hal ini menjadi tantangan dunia kedepannya.

Topik Menarik