Liburan Favorit Generasi Muda? Destinasi Wisata Domestik Jawabnya

Liburan Favorit Generasi Muda? Destinasi Wisata Domestik Jawabnya

Travel | BuddyKu | Minggu, 7 Agustus 2022 - 15:42
share

GenPI.co Bali - Sandra Darmosumarto selaku Senior Public Relations Manager tiket.com menjabarkan destinasi wisata domestik sebagai liburan favorit yang diinginkan kalangan generasi muda .

Kaum milenial setelah era pandemi Covid-19 cenderung mencari tempat berlibur yang dekat dari rumah sehingga hal itu juga ikut menyebabkan destinasi wisata Indonesia menjadi pilihan favorit saat ini.

"Karena pandemi orang-orang sukanya liburan yang dekat dengan rumahnya. Lebih banyak yang melakukan staycation, ada juga dulu sempat tren istilah Work From Bali itu juga masih terjadi sampai sekarang," kata Sandra.

Menurut dia lagi, Pulau Seribu Pura kini menjelma jadi tempat khusus liburan kalangan anak muda.

"Bali pun di saat sesudah pandemi ini masih jadi tujuan wisata favorit generasi milenial," kata Sandra.

Selain Bali kota-kota lain yang terpantau mengalami peningkatan kunjungan untuk wisata dan berlibur yaitu Bandung, Yogyakarta, dan Belitung.

Lalu jika membicarakan lima destinasi pariwisata super prioritas yang disiapkan oleh pemerintah, rupanya dua di antaranya cukup menjadi pilihan teratas.

Adapun dua destinasi wisata DPSP yang menjadi paling banyak dikunjungi oleh wisatawan dari generasi muda ialah Mandalika dan Labuan Bajo.

"Di tempat-tempat wisata itu generasi muda ini tidak cuma berlibur, tapi memanfaatkan waktunya untuk melakukan hobinya. Misalnya bersepeda hingga bermeditasi," kata Sandra.

Lebih lanjut, berkat masifnya penggunaan media sosial yang berhasil mengungkap lokasi-lokasi wisata baru, terjadi peningkatan juga di beberapa destinasi wisata baru seperti di desa wisata di kawasan Mandalika saat momen MotoGP Mandalika.

Desa-desa wisata pun akhirnya bisa semakin dikenal oleh masyarakat luas dan menjadi pilihan alternatif dalam memberikan pengalaman liburan yang mengesankan.

Public Policy and Government Relations TikTok Indonesia Agung Pamungkas juga menyebutkan aplikasi TikTok juga melihat bahwa masyarakat di Tanah Air khususnya generasi muda memang kerap membuat konten-konten wisata yang unik.

Dengan demikian tidak heran jika akhirnya banyak destinasi-destinasi wisata baru di Indonesia yang terungkap dan akhirnya menjadi pilihan masyarakat untuk berlibur.

"Jadi kalau bicara konten wisata, selain rekomendasi kuliner khas itu kreator konten juga sering membagikan rekomendasi wisata baru yang istilahnya kita kenal sebagai \'hidden gem\' begitu," katanya. (Ant)

Simak video pilihan redaksi berikut ini:

Topik Menarik