4 Cara China Duduki Taiwan: dari Blokade Hingga Serangan Kilat 48 Jam

4 Cara China Duduki Taiwan: dari Blokade Hingga Serangan Kilat 48 Jam

Travel | BuddyKu | Minggu, 7 Agustus 2022 - 14:32
share

JAKARTA Para analis percaya para perencana militer China sedang mempertimbangkan berbagai pilihan untuk mengambil alih Taiwan , termasuk mencekik pulau itu dengan blokade dan serangan kilat 48 jam.

Skenario yang paling mengkhawatirkan melibatkan serangan darat, laut, dan udara besar-besaran untuk menyelesaikan invasi dalam dua hari di mana itu adalah waktu yang dibutuhkan oleh Barat untuk merespons.

Ketakutan akan invasi meninggi setelah China mengepung Taiwan dengan banyak peralatan militer yang ambil bagian dalam latihan perang yang mengancam.

Para pengamat mengatakan latihan itu dimaksudkan sebagai unjuk kekuatan kepada Amerika Serikat (AS) - tetapi juga untuk melemahkan kekuatan pertahanan Taiwan dan menguji kesungguhan Barat.

Apakah sekutu pimpinan AS akan bergegas membantu Taiwan - dan seberapa cepat - dikatakan sebagai pertimbangan utama bagi para ahli strategi di Beijing.

Empat skenario yang mungkin sedang dibahas termasuk rencana serangan rudal dan perampasan tanah yang menghentikan invasi penuh.

Ini akan menambah tekanan pada Taiwan dan menguji apakah Presiden AS Joe Biden benar-benar ingin berperang setelah janjinya untuk mempertahankan pulau itu.

"Dan jika China benar-benar memutuskan untuk mengambil Taiwan, itu bisa bertujuan untuk menyelesaikan serangan kilat 48 jam yang membuat Barat berebut untuk merespons," kata sumber diplomatik mengatakan kepada The Sunday Telegraph yang dikutip dari The Sun , Minggu (7/8/2022).

Diperkirakan jendela waktu penting untuk bertindak telah disimpulkan dari kegagalan Rusia untuk merebut Kiev dan menggulingkan pemerintahan Volodymyr Zelensky.

Laporan itu mengatakan Beijing mengamati dengan cermat berbagai peristiwa di Ukraina dan mencatat bahwa para pemimpin Barat membutuhkan waktu dua hari untuk merespons serangan Presiden Vladimir Putin pada 24 Februari.

Sumber-sumber diplomatik mengatakan Presiden Xi Jinping yakin dukungan Barat yang "signifikan" dapat diberikan ke Ukraina selama ini dan tidak ingin memberikan kesempatan yang sama kepada Taiwan.

Para ahli mengatakan empat skenario dapat berkembang secara berurutan atau bersama-sama tergantung pada reaksi Barat. Tujuannya adalah untuk memaksa para pemimpin Taiwan untuk menerima aturan dari Beijing sambil menghindari pecahnya perang dengan AS.

1. Blokade

Skenario pertama melibatkan tekanan yang semakin ketat di Taiwan yang dimulai dengan cara yang mirip dengan latihan saat ini. Pulau itu bisa lumpuh secara finansial, ekonomi dan operasional jika Beijing memperpanjang latihan militer untuk waktu yang lebih lama.

Blokade laut dan udara yang efektif akan menghentikan ekspor yang berharga dan memutus bantuan dari AS dan Jepang. Meskipun akan ada protes internasional, dan tanggapan yang lebih kuat dinilai tidak mungkin.

Sementara itu pasukan China akan dapat menggunakan latihan sebagai kedok untuk mempersiapkan diri mereka dalam posisi terbaik untuk melancarkan serangan ke Taiwan.

China meluncurkan latihan militer terbesar yang pernah ada di sekitar Taiwan pada hari Kamis dalam unjuk kekuatan yang mengangkangi jalur pelayaran internasional yang vital.

Taiwan sendiri telah dalam siaga tinggi setelah China berjanji akan memberikan "hukuman" atas kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Polosi ke pulau itu minggu ini - Ketua DPR Amerika pertama yang berkunjung dalam 25 tahun.

Latihan perang dimulai pada pukul 12 siang waktu setempat pada hari Kamis dan melibatkan "penembakan langsung", menurut media pemerintah China.

Laporan telah muncul dari proyektil kecil terbang ke langit di sekitar Pingtan diikuti oleh gumpalan asap putih dan suara ledakan keras.

2. Merebut Pulau-pulau kecil

Beijing telah lama memandang segelintir pulau kecil Provinsi Fujian sebagai bagian dari wilayahnya sendiri. Beberapa terletak kurang dari enam mil dari daratan China, termasuk Kinmen, rantai pulau di sebelah timur lepas pantai kota Xiamen di China, dan Kepulauan Matsu, barat laut Taiwan.

Dengan sedikit biaya, China dapat merebut semua atau beberapa pulau, yang merupakan rumah bagi sekitar 20.000 orang, untuk mengukur reaksi dari Barat.

Undang-Undang Hubungan AS-Taiwan menganggap pulau-pulau ini sebagai bagian dari Taiwan sehingga Washington mungkin merasa terpaksa untuk campur tangan.

Tetapi para ahli strategi menilai bahwa Biden mungkin tidak ingin mengambil risiko perang habis-habisan atas pulau-pulau kecil seperti itu.

Dan respons apa pun yang kurang dari dukungan militer akan mendorong Xi Jinping untuk melangkah lebih jauh - seperti Putin mencaplok Krimea pada tahun 2014.

3. Serangan udara kilat

China telah mengirim lusinan pesawat tempur ke wilayah udara Taiwan karena terus melenturkan otot militernya.

Pasukan komunis mengirim jet tempur meluncur melintasi "garis tengah" yang mengalir di Selat Taiwan pada hari Kamis, menurut Kementerian Pertahanan Taiwan di Taipei. Dan mereka menembakkan rentetan rudal balistik ke pulau itu dalam tampilan senjata yang mengancam.

"Beijing dapat memilih serangan hukuman terbatas menggunakan rudal dan jet untuk melemahkan Taiwan dengan menargetkan pertahanan pantai, situs radar dan lapangan terbang," kata para analis.

Diperkirakan pusat-pusat populasi besar akan dihindari - setidaknya pada awalnya - dengan harapan membawa Taiwan ke meja perundingan tanpa memprovokasi reaksi dari Barat.

4. Serangan besar-besaran

Para ahli memperingatkan, China bisa melancarkan serangan besar-besaran ke Taiwan yang bahkan bisa lebih dahsyat daripada serangan Rusia ke Ukraina.

Jika terjadi serangan besar-besaran, China akan mengerahkan pasukan di titik-titik strategis melintasi Selat Taiwan sepanjang 70 mil. Kepanikan akan dirasakan di seluruh negeri jika perang dunia maya terjadi jika komunikasi Taiwan terganggu.

Para ahli mengatakan, rudal hipersonik seperti DF-17 dapat digunakan untuk mencapai "target bergerak di laut".

Analis militer khawatir kawanan drone berteknologi tinggi, hingga satu juta tentara, kapal perang, dan pembom semuanya dapat dikirim ke dalam tindakan itu.

Di laut, armada permukaan dan kapal selam China akan berusaha untuk menghancurkan angkatan laut Taiwan dan kapal serang cepat apa pun yang mungkin mencoba menghentikan kapal induk yang maju atau meletakkan ranjau di lokasi pendaratan strategis.

Angkatan Laut China juga akan bertindak sebagai layar di utara dan timur, memotong potensi bala bantuan dari Jepang atau AS. Tujuannya adalah untuk membanjiri pertahanan Taiwan secepat mungkin dan menghancurkan keinginan rakyat untuk melawan.

Respons internasional pun kurang lebih dijamin.

Tetapi jika mereka dapat merebut pulau itu dalam waktu dua hari, maka akan terlambat bagi Barat untuk menghentikan mereka, kata para analis meyakini perencana Beijing.

(ian)

Topik Menarik