Ikut Lubuk Larangan, Sukhairi: Sungai Tercrmar, Ikan Ikut Tercemar

Ikut Lubuk Larangan, Sukhairi: Sungai Tercrmar, Ikan Ikut Tercemar

Travel | BuddyKu | Minggu, 7 Agustus 2022 - 13:12
share

Tambangan, iNews.id - Bupati Mandailing Natal (Madina) HM Jafar Sukhairi Nasution ikut serta pada pembukaan lubuk larangan di Desa Laru Lombang, Kecamatan Tambangan, Kabupaten Madina, Minggu (7/8/2022).

Pagi yang dingin itu, tak membuat semangat Sukhairi dan masyarakat menurun.

Setelah panitia membuka lubuk larangan, seluruh masyarakat dan Sukhairi langsung memburu ikan-ikan tersebut dengan jala.

Lubuk larangan di Desa Laru Lombang ini dibuka sekali setahun, warga beramai-ramai menangkap berbagai jenis ikan menggunakan alat tradisional, kata Sukhairi.

Pada suasana tersebut, Sukhairi dan masyarakat saling melempar canda dan tawa saat menjala ikan.

Dapot do Pak Bupati? tanya seorang warga dengan bahasa Mandailing.

Disini saat semua masyarakat berkumpul untuk menangkap ikan, tercipta suasana kekeluargaan, susana yang kocak dan gembira ,kata Sukhairi.

Dalam kesempatan itu juga,Sukhairi mengingatkan masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai. Hal tersebut membuat lingkungan tercemar.

Ini yang menjadi perhatian kita semua bahwa sampah bagian dari pencemaran lingkungan, kita harus memperhatikan ini juga, lanjutnya.

Sukhairi berharap kepada masyarakat terutama yang tinggal disekitar sungai batang gadis dan sungai lainnya untuk tidak membuang sampah ke sungai.

Bupati Madina itu juga meminta kepada camat dan kepala desa untuk memperhatikan hal tersebut dan memberi himbauan kepada masyarakat.

Kita harus perhatikan sungai kita, jika sungai tercemari, ikan yang kita konsumsi juga akan ikut tercemar, tambahnya.

Topik Menarik