Ketegangan di Taiwan, Somalia Berikan Dukungan kepada China

Ketegangan di Taiwan, Somalia Berikan Dukungan kepada China

Travel | BuddyKu | Minggu, 7 Agustus 2022 - 11:32
share

MOGADISHU Somalia mendukung China di tengah meningkatnya ketegangan Beijing dengan Washington setelah kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi baru-baru ini ke Taiwan .

Dalam pernyataan Kementerian Luar Negeri, negara Tanduk Afrika itu menyuarakan dukungan untuk kedaulatan China, kemerdekaan politik, integritas teritorial dan persatuan nasional, dan kepatuhan terhadap resolusi PBB serta Uni Afrika.

"Pemerintah Somalia menyatakan solidaritas penuhnya dengan Republik Rakyat China dalam mempertahankan kedaulatan dan integritas teritorialnya sambil menegaskan posisinya yang tegas untuk menghormati kebijakan satu China, mengingat Taiwan bagian yang tidak dapat dicabut dari wilayah China," kata pernyataan itu seperti dikutip dari Anadolu , Minggu (7/8/2022).

Somalia mengatakan telah lama menjalin hubungan dengan China, dengan kerja sama antara kedua "negara sahabat" di bidang politik, ekonomi, dan pembangunan.

Pernyataan itu muncul beberapa jam setelah Duta Besar China untuk Somalia Fei Shengchao menyambut baik penunjukan menteri baru oleh Perdana Menteri Hamza Abdi Barre.

Utusan Beijing itu mengatakan dia berharap untuk melanjutkan pekerjaan dengan para menteri yang ditunjuk.

Kebijakan luar negeri regional dan global Somalia telah mengalami berbagai perubahan baru-baru ini oleh Presiden Hassan Sheikh Mohamud yang baru terpilih kembali.

(ian)

Topik Menarik