Dapat Bantuan Tank dan Pesawat, Ukraina: Terima Kasih Makedonia Utara

Dapat Bantuan Tank dan Pesawat, Ukraina: Terima Kasih Makedonia Utara

Travel | BuddyKu | Minggu, 7 Agustus 2022 - 08:32
share

KIEV Ajudan Presiden Volodymyr Zelensky , Mikhail Podoliak mengatakan, Ukraina akan segera menerima bantuan militer baru, kali ini dari Makedonia Utara . Menurut media Makedonia, pesawat yang diduga akan diberikan Skopje ke Kiev dibeli dari Ukraina pada awal 2000-an.

Pada hari Sabtu, Podoliak memuji Makedonia Utara di Twitter karena memberikan dukungan kepada Ukraina dalam bentuk tank dan pesawat. Dia juga mengatakan bahwa Skopje menunjukkan lebih banyak keberanian hari ini daripada setengah dari G20 seperti dikutip dari Russia Today , Minggu (7/8/2022).

Sebelumnya, video yang muncul di media sosial menunjukkan tank tempur yang dimuat di truk dipindahkan di sepanjang jalan di suatu tempat di Makedonia Utara. Menurut media lokal, Kementerian Pertahanan Makedonia Utara mengkonfirmasi pada akhir Juli bahwa video itu asli dan memang menunjukkan tank Makedonia Utara berusaha untuk \'disumbangkan\' ke Ukraina.

"Tank-tank itu sebelumnya digunakan dalam batalion tentara yang akan dibubarkan," kata kementerian itu, seraya menambahkan bahwa peralatan berat itu tidak kompetitif dan tidak dapat memenuhi kebutuhan pertahanan negara.

Menurut media, tank tersebut adalah T-72 buatan Soviet yang diperoleh Skopje dari Rusia pada tahun 2000 selama konflik internal dengan kelompok separatis lokal. Tidak jelas berapa banyak tank yang rencananya akan diberikan kepada Kiev, tetapi negara Balkan memiliki total 31 tank.

Kementerian Luar Negeri Rusia menyebut keputusan Skopje sebagai kesalahan besar pada akhir Juli. Skopje menanggapi dengan mengatakan bahwa Makedonia Utara adalah anggota "aliansi militer-politik paling kuat: NATO," menambahkan bahwa "dengan tegas" mendukung posisi blok yang dipimpin AS.

Pada hari Kamis, outlet media berita MKD Makedonia Utara juga melaporkan bahwa Skopje berencana untuk menyerahkan empat pesawat militer Su-25 buatan Soviet ke Kiev. Kementerian Pertahanan Makedonia Utara tidak mengkonfirmasi atau menyangkal hal ini, tetapi mengatakan rincian keputusan yang terkait dengan bantuan militer untuk Ukraina akan "dirahasiakan dan dipublikasikan secara transparan" nanti.

Menurut MKD, pesawat-pesawat itu sebenarnya dibeli dari Kiev pada 2001. Makedonia Utara diduga berusaha menjualnya pada 2004 ke negara lain, tetapi tampaknya gagal. Pada tahun 2011, direncanakan untuk memodernisasi empat pesawat tempur agar memenuhi standar NATO, tetapi ini juga tidak terjadi.

Topik Menarik