Begini Momen PLN Kampanye Kendaraan Listrik di Pulau Samosir

Begini Momen PLN Kampanye Kendaraan Listrik di Pulau Samosir

Travel | BuddyKu | Jum'at, 5 Agustus 2022 - 13:11
share

JAKARTA - PT PLN (Persero) terus mendorong pemanfaatan energi bersih dan terjangkau dengan melibatkan masyarakat melalui penggunaan kendaraan listrik.

Kali ini, PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara (UIW Sumut) melakukan konvoi kendaraan listrik di Pulau Samosir dengan rute sepanjang 35 kilometer (km).

Kampanye kendaraan listrik ini dipimpin langsung Direktur Regional Bisnis Sumatera Kalimantan, Adi Lumakso. Hal ini dilakukan sebagai pembuktian kepada masyarakat di Sumatera Utara bahwa penggunaan kendaraan listrik sudah menjadi tren baru.

Adi mengatakan PLN terus mendorong program pemerintah dalam penggunaan kendaraan bermotor berbasis baterai sesuai Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB).

Selain mendukung program pemerintah, menurut Adi, menggunakan kendaraan listrik sangat aman, nyaman, ramah lingkungan, serta jauh lebih efisien dibandingkan menggunakan kendaraan konvensional.

Melalui kegiatan ini di era energi fosil yang mahal, impor, dan beremisi tinggi, kita siap untuk berubah menuju masa depan menjadi era energi listrik yang murah, berbasis domestik dan ramah lingkungan, ucap Adi Lumakso.

Kampanye kendaraan listrik ini bukan sekadar perjalanan konvoi kendaraan listrik di kawasan wisata, tetapi juga sebagai pembuktian bahwa PLN UIW Sumut telah siap mendukung penggunaan kendaraan listrik di tempat wisata.

Setidaknya, sebanyak 50 unit kendaraan listrik mengikuti kegiatan ini dengan rute dari Objek Wisata Pantai Batu Hoda menuju PLTM Boho dengan menempuh jarak 26 km. Tidak sampai di situ, kemudian rombongan melanjutkan parade dan finish di wisata air terjun Elfrata yang menempuh jarak 9 km dengan medan jalan menanjak.

Saat ini, PLN UIW Sumut telah mengoperasikan 5 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang terletak di Medan Kota, City View Medan, Tebing Tinggi, Parapat dan Berastagi. Tidak hanya itu, PLN juga telah membangun puluhan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) tersebar di berbagai daerah di Sumatera Utara.

Topik Menarik