China Latihan Perang di Sekeliling Taiwan, AS Kerahkan Kapal Induk USS Ronald Reagan

China Latihan Perang di Sekeliling Taiwan, AS Kerahkan Kapal Induk USS Ronald Reagan

Travel | BuddyKu | Jum'at, 5 Agustus 2022 - 10:11
share

WASHINGTON, iNews.id - Militer Amerika Serikat meningkatkan kehadirannya di sekitar Taiwan menyusul ketegangan pascakunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi. China merespons kunjungan itu dengan menggelar latihan perang terbesar yang pernah dilakukan di sekitar Taiwan.

Gedung Putih menyatakan kapal-kapal perang serta pesawat Angkatan Laut (AL) AS akan transit di Selat Taiwan dalam 2 pekan mendatang.

Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby mengatakan Departemen Pertahanan (Pentagon) mengerahkan kapal induk USS Ronald Reagan dan kelompok serangnya untuk berada di dekat Taiwan guna memantau situasi.

Kapal induk yang berbasis di Jepang itu memang sudah beberpa hari terakhir dikerahkan ke Laut China Timur atau sebelum kunjungan Pelosi.

Kirby mengatakan, Presiden Joe Biden memutuskan untuk mengerahkan kapal induk dan kelompok serangnya untuk bertahan di perairan dekat Taiwan sedikit lebih lama dari yang direncanakan semula.

Lebih lanjut Kirby menegaskan, AS mengecam keras uji coba rudal China dengan menyebutnya sebagai tidak bertanggung jawab dan bertentangan dengan tujuan lama yakni menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan dan kawasan.

Kami tidak akan bisa dihalangi untuk beroperasi di laut dan langit Pasifik Barat, sesuai dengan hukum internasional, seperti yang kami lakukan selama beberapa dekade, mendukung Taiwan dan mempertahankan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, katanya, dikutip dari RT, Jumat (5/8/2022).

Gedung Putih juga mengonfirmasi laporan bahwa Angkatan Udara AS menunda uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) Minuteman III. Namun dia menegaskan uji coba tetap akan dilakukan dalam waktu dekat serta memastikan bahwa sistem penangkal senjata nuklir AS aman dan efektif.

Topik Menarik