Loading...
Loading…
China Latihan Perang, Maskapai Internasional Batalkan dan Alihkan Penerbangan ke Taiwan

China Latihan Perang, Maskapai Internasional Batalkan dan Alihkan Penerbangan ke Taiwan

Powered by BuddyKu
Travel | Inews | Jumat, 05 Agustus 2022 - 09:11

SEOUL, iNews.id - Maskapai penerbangan internasional membatalkan dan mengalihkan penerbangan ke Taiwan. Langkah ini diambil terkait latihan perang yang dilakukan China di sekitar Taiwan sejak Kamis hingga Minggu mendatang.

China menggelar latihan militer terbesar yang pernah dilakukan, termasuk penembakan rudal serta latihan pertempuran laut dan udara di enam zona yang mengelilingi Taiwan. Sebenarnya ruang udara yang digunakan latihan tak sampai menutup sepenuhnya akses masuk-keluar Taiwan, namun tetap menghambat rute serta sebagai langkah antisipasi keselamatan penerbangan. Penerbangan antara Asia Tenggara ke Asia Timur Laut menjadi terhambat.

Korean Air Lines membatalkan penerbangan Seoul-Taipei pada Jumat dan Sabtu serta akan menunda penerbangan pada Minggu karena latihan perang China akan berakhir pada sore hari.

Singapore Airlines membatalkan penerbangan Singapura menuju Taipei pada Jumat akibat pembatasan wilayah udara. Maskapai akan terus memantau situasi dan menyesuaikan kondisi.

Namun dua maskapai Jepang, ANA dan Japan Airlines, masih mengoperasikan penerbangan ke Taipei dengan menghindari wilayah udara yang terdampak latihan. Penerbangan menuju Hong Kong serta Asia Tenggara juga tak terdampak besar.

Cathay Pacific Airways mengubah rute penerbangan menuju Taipei, menghindari zona latihan perang China.

Penyedia layanan pelacakan penerbangan FlightRadar24 mengungkap, maskapai penerbangan Taiwan, China Airlines dan EVA Airways masih terbang menuju dari dari pulau itu pada Jumat pagi, begitu pula Philippine Airlines serta maskapai kargo FedEx dan United Parcel Service. Pesawat menghindari daerah-daerah yang terkena dampak latihan militer.

Maskapai Uni Emirat Arab, Emirates, juga masih terbang ke Taipei pada Jumat.

Wilayah udara Taiwan yang terdampak latihan perang China masih tergolong kecil dibandingkan dengan keputusan maskapai internasional melewati tempat-tempat konflik lain, seperti Rusia, Ukraina, Afghanistan, Korea Utara, Irak, dan Suriah.

Original Source

Topik Menarik