Manfaat Kesehatan Makan Cokelat, Nomor 6 Penting untuk Pasutri

Manfaat Kesehatan Makan Cokelat, Nomor 6 Penting untuk Pasutri

Travel | BuddyKu | Kamis, 4 Agustus 2022 - 08:17
share

COKELAT jadi kudapan ringan atau makanan manis favorit banyak orang. Bukan hanya anak-anak, tapi juga orang dewasa.

Alih-alih cokelat biasa, seperti white chocolate dan cokelat susu, dark chocolate jadi pilihan yang lebih sehat dalam mengonsumsi cokelat.

Dark chocolate sendiri menawarkan sederet manfaat bagi kesehatan loh! Mulai dari otak, jantung sampai urusan seksual. Penasaran apa saja manfaat kesehatan mengonsumsi dark chocolate ? Merangkum Dailymail, Kamis (04/8/2022) yuk intip ulasannya di bawah ini.

1.Melindungi kesehatan jantung: Dari penelitian yang dilakukan oleh University of Surrey menunjukkan bahwa cokelat hitam atau dark chocolate dapat menurunkan tekanan darah dan membuat pembuluh darah lebih elastis dalam beberapa jam. Sebab, cokelat hitam mengandung flavanol, antioksidan yang ditemukan dalam kakao yang mampu menjaga dinding pembuluh darah tetap elastis dan memungkinkan darah mengalir ke seluruh tubuh dengan lebih mudah. Temuan ini juga didukung oleh tim ilmuwan di Portugal, yang menemukan bahwa makan cokelat hitam setiap hari mampu menurunkan tekanan darah hanya dalam satu bulan karena manfaat kesehatan dari flavanol.

2. Bantu turunkan kolesterol: Tim peneliti dari Amerika Serikat melakukan penelitian terhadap 31 orang untuk makan 50 gram coklat hitam atau coklat putih selama 15 hari, dan hasilnya ditemukan kalau orang yang makan dark chocolate punya glukosa darah dan lipid darah buruk yang lebih rendah, sehingga bisa memiliki efek knock-on untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

3. Meningkatkan kesehatan otak: Banyak penelitian telah menunjukkan flavanols dapat meningkatkan fungsi otak, yang berperan sebagai antioksidan dalam meningkatkan aliran darah. Salah satunya, penelitian yang dilakukan oleh tim University of Reading pada tahun 2011 yang menunjukkan bahwa memori dan waktu reaksi otak bisa meningkat dalam waktu dua jam setelah makan cokelat hitam, sebaliknya tidak ada hasil yang ditunjukkan ketika makan cokelat putih biasa. Studi lain dari tim di Cornell University di New York pada tahun 2014, mengidentifikasi bahwa antioksidan dalam makanan manis seperti cokelat yang disebut epicatechin dapat melindungi terkena plak amiloid yang menyebabkan Alzheimer dan penyakit otak lainnya loh!

4. Meningkatkan energi tubuh: Dark chocolate juga menawarkan manfaat jangka pendek dengan mengganti energi tubuh yang dikeluarkan selama satu hari. Cemilan coklat disebut mengandung kafein dan theobromin yang dapat mengganti energi tubuh. Hasil penelitian dari tim peneliti di Amerika, menunjukkan bahwa orang-orang yang memakan dark chocolate cenderung lebih waspada dan penuh perhatian dibandingkan kelompok yang mengkonsumsi makanan ringan lainnya.

5. Memperbaiki mood: Pada 2021 tim ilmuwan Korea melakukan studi pertama yang membuktikan makan cokelat setiap hari memiliki efek positif pada suasana hati. Hasil dari tes psikologi penelitian yang dilakukan. menunjukkan bahwa mereka yang makan cokelat paling gelap adalah yang paling bahagia. Penelitian lain juga dilakukan oleh tim di University College London pada tahun 2019 , yang menunjukkan bahwa orang yang secara teratur makan dark chocolate cenderung tidak mengalami depresi dan mengaku tidak mengalami suasana hati yang buruk.

6. Meningkatkan hormon seksual: Cokelat dikatakan berfungsi sebagai afrodisiak, zat yang meningkatkan hasrat seksual karena dikemas dengan anandamide, neurotransmitter yang menargetkan bagian otak yang sama dengan ganja, dan phenylethylamine, yang dikenal sebagai \'love drug\', meniru bahan kimia otak orang yang sedang jatuh cinta. Kedua bahan inilah yang menyebabkan tubuh melepaskan hormon bahagia yang dikenal dengan endorfin. Merujuk pada penelitian yang dilakukan terhadap 163 wanita pada tahun 2006 oleh tim di Universitas Vita-Salute San Raffaella, Italia, memperlihatkan bahwa mereka yang makan lebih banyak cokelat melaporkan tingkat hasrat dan kesenangan seksual yang lebih tinggi. Selain itu, flavonoid yang ada di cokelat juga disebut bisa membantu menghasilkan ereksi yang lebih baik.

Topik Menarik