Harga Tiket Pesawat Bikin Biaya Umrah Melambung, Penyelenggara Mengeluh

Harga Tiket Pesawat Bikin Biaya Umrah Melambung, Penyelenggara Mengeluh

Travel | BuddyKu | Selasa, 2 Agustus 2022 - 14:55
share

IDXChannel - Sekjen Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI), Farid Al Jawi, menyampaikan keluhan penyelenggara umrah terkait kenaikan harga tiket pesawat. Dia menjelaskan hal tersebut menyebabkan kenaikan harga umrah mencapai 67% dari harga paket sebelumnya.

"Range kenaikannya antara 1,5 juta sampai 2,5 juta. Ini tentunya sangat memberatkan karena kadang penyelenggara juga mengambil keuntungan tidak sebesar itu," kata Farid dalam program Market Review di IDX Channel, Selasa (2/8/2022).

Farid berharap ada diskusi terkait berapa kenaikan harga yang layak. Dia menilai kenaikan yang terjadi saat ini dilakukan secara sepihak tanpa koordinasi terlebih dahulu dengan para penyelenggara umrah.

Selain itu, penting melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait kenaikan harga umrah. Sehingga tidak ada persepsi negatif yang timbul akibat kebijakan tersebut.

"Kalau masyarakat tidak bisa menerima artinya ini menjadi dampak bagi kami, kami akan dianggap tidak professional, kami dianggap tidak amanah sehingga akan membuat industri haji dan umrah ini dinilai masyarakat kurang baik," terangnya.

Di sisi lain Farid memahami maksud dari kebijakan tersebut sebagai imbas kenaikan bahan bakar avtur dan nilai dolar yang tingg. Namun, harus tetap didiskusikan antar stakeholder sehingga tidak menimbulkan polemik di masyarakat.

"Kami selaku penyelenggara telah menjual paket lebih awal dengan harga yang sudah disepakati. Sehingga (kebijakan) ini bisa menurunkan percayaan masyarakat terhadap kami, karena kami terkesan menaikkan harga secara tiba-tiba tanpa konfirmasi terlebih dahulu," ungkap dia. (NDY)

Topik Menarik