Cara Membuat Nasi Uduk yang Enak Pakai Sambal Kacang Bikin Ketagihan

Cara Membuat Nasi Uduk yang Enak Pakai Sambal Kacang Bikin Ketagihan

Travel | BuddyKu | Selasa, 2 Agustus 2022 - 12:53
share

JAKARTA, iNews.id - Nasi uduk merupakan salah satu menu yang biasa disajikan untuk sarapan. Nasi putih yang dimasak dengan rempah ini memiliki rasa gurih.

Kali ini, jika ingin mencicipi nasi uduk yang enak ala chef, Anda bisa membuat di rumah. Rasanya makin lezat dipadukan dengan sambal kacang.

Nasi uduk biasanya disajikan dengan lauk telur dadar, mi bihun, dan taburan bawang goreng. Siapa saja yang mencicipi akan ketagihan.

Anda bisa memasak nasi uduk dengan cara dikukus atau yang lebih mudah dengan menggunakan rice cooker. Bisa disesuaikan selera.

Menu sarapan setiap orang, babang ajarin gimana cara masak nasi uduk di rice cooker yang takarannya pas. Gurihnya dapet, asinnya pas tekstur nasinya juga pas gak kelembekan. Ditambah guyuran sambel kacang yang ditemani dengan telur dadar diiris-iris. Ahhhh so yummy yummy!!, tulis Chef Martin dikutip melalui Instagram-nya.

Jika penasaran ingin mencicipi nasi uduk yang dimasak dengan rice cooker, Anda bisa mengikuti metode yang diberikan Chef Martin. Berikut ulasan resep lengkap dan cara membuat nasi uduk yang enak, dirangkum melalui Instagram @ martinpraja , Selasa (2/8/2022).

Bahan:

200 gr beras
200 ml santan kental
2 lembar daun salam
1 lembar daun pandan
3 lembar daun jeruk
2 cm lengkuas
1 batang serai
1 sdt garam
1 sdt kaldu jamur

Sambal Kacang:

1 pcs bawang putih
1 pcs cabai rawit
50 gr kacang tanah goreng
150 ml air
1/2 sdt garam
1 sdt kaldu jamur

Cara Membuat :

1. Cuci beras, masukkan ke dalam rice cooker.
2. Tuang santan, tambahkan bahan yang lain dan beri seasoning. Masak nasi.
3. Untuk sambal kacang, blender semua bahan, panaskan hingga mendidih, sisihkan.
4. Sajikan nasi uduk dengan sambal kacang.