Resep Jamu Asam Urat Khas Madura, Mudah 2 Bahan Tinggal Rebus

Resep Jamu Asam Urat Khas Madura, Mudah 2 Bahan Tinggal Rebus

Travel | BuddyKu | Sabtu, 30 Juli 2022 - 10:05
share

MOJOKERTO, iNews.id - Jamu asam urat khas Madura dikenal memiliki khasiat yang manjur untuk meredakan kaku otot. Selain itu, jamu khas Madura mengandung bahan-bahan alami yang aman bagi tubuh.

Jamu khas Madura memiliki popularitas di kalangan para herbalis. Resep jamu khas Madura umumnya diwariskan secara turun-temurun dari keluarga Madura.

Secara khusus Tim iNews melansir salah satu resep manjur jamu khas Madura yang bisa digunakan sebagai obat asam urat. Resep ini termuat dalam buku penelitian Zainol Arifin dkk. dengan judul Jamu Tradisional (Tinjauan Aspek Ekonomi dan Kesehatan).

Mengobati asam urat yang kambuh

Penyakit asam urat sangatlah menyiksa karena menyerang anggota gerak utama. Rasa sakitnya membuat tidak leluasa menggerakkan tangan dan kaki.

Bahkan bila kumat, beberapa orang sampai tidak bisa melakukan kegiatan rutin sama sekali. Hal ini tentu sangat mengganggu apalagi asam urat kumat di hari kerja.

Saat penyakit asam urat kambuh, orang akan langsung spontan bertanya bagaimana cara mengobati asam urat ini. Minum obat kemasan mungkin bisa menjadi solusi. Namun, adakah cara yang menawarkan bahan alami?

Resep jamu tradisional Madura khusus untuk mengobati asam urat dikenal cukup ampuh. Selain bahannya alami, cara membuatnya pun sangatlah mudah.

Jika obat asam urat tersebut terbuat dari bahan alami herbal tentu akan aman dan tidak masalah bila perlu dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Sedangkan obat asam urat yang berbahan kimia mungkin mengandung efek samping yang berpotensi membahayakan tubuh di kemudian hari.

Oleh karena itu, pengetahuan akan obat alternatif asam urat sangatlah penting. Resep berikut ini bisa dicoba untuk mengobati asam urat dengan sangat mudah dan cepat.

Bahan-bahan jamu asam urat khas Madura, ramuan kumis kucing dan meniran

- 5 lembar daun kumis kucing
- 5 batang ranting kecil meniran
- air kurang lebih 4 gelas

Cara membuat jamu asam urat khas Madura

1. Cuci bersih seluruh bahan.
2. Rebus daun kumis kucing dan batang meniran dengan air secukupnya sampai debit air tersisa setengahnya.
3. Selesai. Jamu asam urat ramuan khas Madura siap diminum.
4. Minum beberapa kali sehari.

Topik Menarik