Status Gunung Raung Jawa Timur Jadi Waspada, Jangan Sepelekan!

Status Gunung Raung Jawa Timur Jadi Waspada, Jangan Sepelekan!

Travel | BuddyKu | Jum'at, 29 Juli 2022 - 14:52
share

GenPI.co - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM melaporkan status Gunung Raung di Jawa Timur (Jatim) dari level 1 atau normal ke level 2 atau waspada, pada Jumat (29/7/2022).

Hal itu setelah Gunung Raung mengalami erupsi hingga menimbulkan hujan abu pada Rabu (27/7/2022).

"Berdasarkan hasil pemantauan dan analisis kegempaan, serta belum stabilnya kondisi kawah Gunung Api Raung maka terhitung 29 Juli 2022, pukul 08.00 WIB, tingkat aktivitas Gunung Raung dinaikkan dari Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada)," tulis PBMBG dalam akun Twitter resminya, Jumat (29/7/2022).

PVMBG juga memperlihatkan peta kawasan sekitar Gunung Raung.

PVMBG mengimbau semua warga yang berada di lokasi tersebut untuk tidak melakukan aktivitas pada Kawasan Rawan Bencana III atau dalam radius 3 Km dari pusat erupsi di kawah puncak.

Dalam radius itu ada bahaya yang mengancam seperti aliran awan panas, gas beracun, dan aliran lava.

Selain itu, kawasan rawan bencana II dengan radius 8 Km dari kawah yang berpotensi terkena aliran awan panas, lava dan lahar.

Kemudian, kawasan rawan bencana I dengan radius 10 Km dari kawah Gunung Raung.

Kawasan itu diketahui berpotensi terlanda aliran lahar, hujan abu hingga lontaran batu pijar.

Masyarakat juga di sekitar Gunung Raung diharap tenang tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Raung dan agar senantiasi mengikuti arahan dari BPBD Provinsi Jawa Timur dan BPBD Kabupaten Bondowoso, Kabuoaten Banyuwangi, dan Kabupaten Jember.

Pemerintah dan BPBD Provinsi Jawa Timur dan BPBD Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Jember agar senantiasa berkoordinasi dengan PVMBG atau pos pengamatan Gunung Raung.

Masyarakat maupun pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya dapat memantau perkembangan aktivitas maupun rekomendasi Gunung Raung melalui aplikasi Magma Indonesia .(*)

Lihat video seru ini:

Topik Menarik