Vulkanis Terus Meningkat, Status Gunung Raung Naik Menjadi Level Waspada

Vulkanis Terus Meningkat, Status Gunung Raung Naik Menjadi Level Waspada

Travel | BuddyKu | Jum'at, 29 Juli 2022 - 14:04
share

BANYUWANGI, iNewsPurwokerto.id - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia melalui surat nomor 380.Lap/GL.05/BGL/2022 pada Jumat (29/7/2022) mengeluarkan edaran terkait peningkatan status Gunung Raung menjadi level II atau waspada dipantau dari aktivitas vulkanis yang terus meningkat.

Betul, status level Gunung Raung naik. Secara visual abu vulkanik tidak terlihat, tapi kegempaan masih terjadi dan fluktuatif, kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Raung Mukijo, Jumat (29/7/2022).

Keputusan terkait peningkatan aktivitas Gunung Raung ditandai hembusan solfatara atau fumarola dilakukan setelah analisa pasca erupsi pada Rabu (27/7/2022) pukul 17.19 WIB.

Sementara itu, pada permukaan kawah terekam anomali panas oleh citra satelit Terra dan Aqua yang terdeteksi pada Kamis (28/7/2022) sebesar 2 mW.

Itu mengindikasikan bahwa ada dinamika magma pada permukaan kawah Gunung Raung, jelasnya.

Dari konfirmasi Pemodelan GPS, telah terjadi inflasi di satu titik yang jaraknya lebih dari 10 km dari puncak pada permukaan kawah Gunung Raung periode Juni-Juli 2022.

Pada peristiwa tersebut dapat diambil kesimpulan, terjadinya migrasi massa kedalaman 2.900 meter di bawah puncak, menyebabkan perubahan dimensi 1,7 juta meter kubik.

Sehingga berdasarkan hasil pemantauan dan analisis kegempaan, serta belum stabilnya kondisi kawah Gunung Raung, maka terhitung 29 Juli 2022, pukul 08.00 WIB, aktivitas Gunung Raung naik menjadi level II Waspada, ujarnya.

Akibat peningkatan status Gunung Raung, pos PGA Gunung Raung menambah jarak radius aman dari 2 kilometer menjadi 3 kilometer dari puncak gunung.

Badan Geologi meminta evaluasi aktivitas Gunung Raung yang dikoordinasikan dengan pemerintah daerah setempat serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Masyarakat di sekitar Gunung Raung juga diminta tenang dan tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Raung, serta mengikuti arahan dari BPBD Propinsi Jawa Timur dan BPBD Kabupaten Bondowoso, Banyuwangi, dan Jember, ujarnya.

Topik Menarik