Loading...
Loading…
Trik simpel simpan daun pandan agar lebih awet dan tetap segar

Trik simpel simpan daun pandan agar lebih awet dan tetap segar

Powered by BuddyKu
Travel | Brilio | Jumat, 29 Juli 2022 - 09:11

Brilio.net - Daun pandan dikenal memiliki aroma wangi dan sedap yang khas. Daun satu ini kerap menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk menambah aroma pada berbagai jenis makanan, terutama jajanan tradisional. Selain digunakan sebagai pewangi dan penambah rasa, daun pandan juga dimanfaatkan untuk pewarna hijau alami.

Oleh karena itu, tak sedikit yang menyimpan daun pandan dalam jumlah cukup banyak untuk dijadikan stok. Hal ini tentu berguna supaya daun pandan bisa langsung digunakan sewaktu-waktu saat dibutuhkan. Namun perlu diperhatikan juga, bahwa salah satu kekurangan daun pandan yang sudah dipetik cenderung mudah layu dalam beberapa hari.

Sedangkan daun pandan yang layu dan mulai mengering akan berkurang aroma sedapnya. Selain itu, warna hijau daun pandan yang mulai mengering juga lebih pudar dan pucat. Sehingga kamu perlu membeli atau memetik kembali daun pandan segar jika ingin mendapat aroma dan warna hijau dari daun pandan.

Memang penting untuk mengetahui cara menyimpan daun pandan yang benar sebagai stok di rumah. Dilansir BrilioFood pada Jumat (29/7), sebuah video dari pengguna TikTok/@pkulover, membeberkan trik jitu menyimpan daun pandan agar lebih awet dan tetap segar hingga berbulan-bulan.

foto: TikTok/@pkulover

Pertama, petik daun pandan satu persatu sambil dicuci dengan air mengalir. Pastikan tidak ada kotoran yang masih menempel pada daun pandan. Kemudian goyang-goyangkan daun pandan untuk menghilangkan sisa air yang masih menempel. Selain untuk menghilangkan sisa air, cara tersebut juga membantu daun padan cepat kering.

Setelah itu, gulung setiap helai daun pandan dari bagian bawah hingga ujungnya satu persatu. Supaya tidak berantakan, ikat daun pandan dengan karet. Cukup ikat dua kali agar tidak terlalu kencang. Semua daun pandan yang sudah dilipat dan diikat bisa langsung tata dalam box container.

Tutup box container dan masukkan ke dalam bagian kulkas yang paling dingin atau freezer. Pastikan box container yang digunakan kedap udara, ya. Pemilih box yang kedap udara bertujuan agar daun pandan tidak terkontaminasi udara dari luar yang bikin cepat busuk.

foto: TikTok/@pkulover

Daun pandan yang disimpan dalam kulkas umumnya bisa awet dan tetap segar hingga enam bulan. Sehingga kamu pun tidak perlu khawatir daun pandan akan kering jika hendak disimpan dalam jumlah banyak. Selain lebih awet, trik ini juga dapat membuat daun pandan jadi semakin rapi saat disimpan. Kamu juga tak perlu bolak-balik memetik daun pandan di kebun atau halaman rumah ketika dibutuhkan.

foto: TikTok/@pkulover

" Sama aku juga tinggal ambil belakang rumah . tapi klo di simpan .ngak perlu bolak balek ambil daun pandan, " ungkap pemilik akun TikTok/@pkulover.

Dalam video berdurasi 20 detik tersebut, pengguna TikTok/@pkulover memang tampak menyimpan daun pandan dalam kondisi rapi tanpa perlu memotong daun pandan yang memiliki ukuran panjang. Tak heran jika kemudian video tersebut menarik perhatian warganet dan telah disukai oleh lebih dari 12 ribu pengguna.

Beberapa warganet bahkan turut menanggapi video tersebut secara positif melalui kolom komentar. Selain berterima kasih karena mendapat kitchen hacks baru, beberapa warganet juga takjub dengan daun pandan yang digunakan karena cenderung segar dan hijau.

" Thx bang, works, " tulis akun TikTok/@efraimanuel dalam kolom komentar.

" Trma ksih ya ," ungkap pengguna TikTok/@mie30110.

" Bwt masak nasi wangi terima kasih, " ujar akun TikTok/@auliayuniar8.

" Baguuuus bgt daun pandannya, " kata pengguna TikTok/@soviagun73.

Nah, untuk kamu yang gemar memanfaatkan daun pandan untuk bahan tambahan berbagai macam masakan, cara menyimpan daun pandan tersebut bisa dengan mudah dipraktikkan sebagai stok di rumah. Trik satu ini juga bermanfaat buat kamu yang nggak punya daun pandan di rumah, atau harus pergi jauh untuk membelinya.

@pkulover Tips Gimana supaya Daun pandan bisa tahan lama . Di Jamin Berhasil #tiktokharbolnas #masteredukasi mario sound - mandycap

Lihat disini

RECOMMENDED

Cara ikat bungkus roti tawar, cegah berjamur sebelum masa kedaluwarsa

Tak banyak diketahui, ini teknik simpel mengaduk krim tanpa mixer

10 Cara menata bahan makanan ala Sharena Delon, bikin rapi dan awet

10 Cara Prada Kalaweit menyimpan daun basil, awet berbulan-bulan

5 Trik mudah simpan bawang merah & putih kupas tanpa minyak

Original Source

Topik Menarik