Loading...
Loading…
Selain Jepang, Jokowi Ajak Korea Fasilitasi Pembangunan IKN Nusantara

Selain Jepang, Jokowi Ajak Korea Fasilitasi Pembangunan IKN Nusantara

Powered by BuddyKu
Travel | Okezone | Jumat, 29 Juli 2022 - 08:00

JAKARTA - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke beberapa negara, tujuannya untuk membangun relasi bisnis dan mencari Investasi dari negara tetangga untuk membangun industri di tanah air.

Salah satu safari yang dilakukan Jokowi adalah mengunjungi Korea Selatan, disana Jokowi mendapatkan komitmen investasi dari Posco, selaku perusahaan produsen baja di Korea.

Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menandatangani kerja sama Kementerian Investasi/BKPM dengan PT Krakatau Steel (Persero), Tbk (PT KS) yang diwakili oleh Silmy Karim selaku Direktur Utama dan Posco yang diwakili oleh Kim, Hag-Dong selaku CEO Posco. Penandatanganan kerja sama ini disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Kerja sama antara Kementerian Investasi/BKPM dengan PT KS dan Posco ini dilakukan dalam rangka fasilitasi rencana perluasan kapasitas produksi dan produksi baja otomotif untuk kendaraan listrik dengan total rencana investasi mencapai USD3,5 miliar atau setara Rp52,16 triliun.

Rencanay Posco bakal pembangunan pabrik bakal dimulai pada tahun 2023 mendatang. Selain itu, kerja sama ini juga dilakukan dalam rangka fasilitasi rencana proyek pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Bahlil menyambut baik adanya kerja sama ini dan berharap perluasan investasi yang dilakukan akan berjalan sesuai rencana sehingga dapat berkontribusi untuk mendorong peningkatan produksi baja otomotif di Indonesia serta mempercepat terwujudnya pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

"Saya sangat senang dengan komitmen dari PT KS dan Posco untuk investasinya di Indonesia. Perluasan investasi ini pastinya akan berkontribusi besar pada pertumbuhan industri baja di Indonesia ke depan," kata Bahlil dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/7/2022).

Bahkan Bahlil juga mengatakan bahwa pemerintah Indonesia siap untuk memfasilitasi investor yang melakukan komitmen investasi di Indonesia. Baik dari masalah perizinan maupun insentif yang bakal diberikan.

"Kami akan fasilitasi dan beri dukungan penuh agar proyek ini berjalan lancar. Izin akan kami bantu urus. Kalau ada masalah, jangan ragu untuk laporkan kepada kami, tegas Bahlil.

Meskipun memastikan komitmen untuk memberikan dukungan dari sisi perizinan dan insentif, Bahlil menekankan kembali adanya kewajiban untuk melakukan kolaborasi dengan pengusaha lokal dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di daerah.

Selain Korea Selatan, Safari Jokowi ke berbagai negara juga menawarkan Negara Jepang untuk turut melakukan investasi khsuusnya di IKN Nusantara. Presiden Joko Widodo mengadakan pertemuan dengan sejumlah CEO perusahaan Jepang di Imperial Hotel di Tokyo pada Rabu, 27 Juli 2022.

"Saat ini juga kita sedang memulai membangun ibu kota baru atau IKN di mana banyak sekali peluang investasi, mulai dari infrastruktur, teknologi untuk membangun smart city, dan lain-lainnya," kata Jokowi kepada para CEO perusahaan Jepang mengutip laman resmi Kemensetneg.

Original Source

Topik Menarik