Kebun Raya Punya Fungsi Konservasi hingga Wisata, BRIN Tawarkan Konsep yang Bikin Ekonomi Meningkat

Kebun Raya Punya Fungsi Konservasi hingga Wisata, BRIN Tawarkan Konsep yang Bikin Ekonomi Meningkat

Travel | BuddyKu | Rabu, 27 Juli 2022 - 21:40
share

JAKARTA, celebrities.id - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyatakan akan memperluas kebun raya untuk mengembangkan potensi ekonomi di daerah.

Hal itu disampaikan oleh Kepala BRIN Laksana Tri Handoko dalam acara temu pengelola Kebun Raya di Gedung BJ Habibie, Rabu (27/7/2022).

Handoko mengatakan, pihaknya akan menawarkan konsep Kebun Raya yang mampu menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru. Salah satu yang bisa ditempuh dengan cara menambah pusat sains dan pembinaan UMKM.

"Fungsi utamanya konservasi dari tanaman endemik yang ada di situ, itu tujuan utamanya. Cuma untuk memelihara perlu effort (upaya), sehingga kita tidak bisa meninggalkan sisi ekonominya juga," kata Handoko.

Handoko menyebut, pada dasarnya Kebun Raya memiliki lima fungsi yakni konservasi, riset, lingkungan, edukasi dan wisata.

Dari lima hal itu, kata Handoko fungsi edukasi dan wisata menjadi aspek paling menyokong pemeliharaan kebun raya.

Saat ini integrasi yang sedang dicanangkan itu, dengan penyusunan rancangan Peraturan Presiden pengganti Perpres Nomor 93 Tahun 2011 tentang Kebun Raya untuk mengakomodir kebutuhan terkini, serta dinamika yang harus segera diantisipasi.

"BRIN bersama Kemen PUPR menginisiasi perubahan Perpres 93/2011 tentang Kebun Raya," katanya.

Lebih lanjut, Handoko mengatakan, dengan perubahan tersebut, maka pengelolaan kebun raya akan dibawahi Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA), dengan tetap menjaga fungsinya sebagai pusat konservasi flora dan mendorong sumber pendapatan asli daerah (PAD).

Handoko menambahkan, dengan besarnya kekayaan keanekaragaman hayati yang dimiliki Indonesia, tantangan yang akan dihadapi kedepan adalah meningkatkan nilai manfaat yang berkelanjutan dengan riset dan inovasi sehingga mampu mewujudkan ekonomi yang lebih baik.

"Kami ingin pengembangan konsep kebun raya di daerah ini menjadi inovasi baru untuk memaksimalkan potensi daerahnya. Itu yang kami dorong, tukasnya.

Tentu hal ini menjadi potensial, pasalnya hingga saat ini terdapat 47 kebun raya di Indonesia, di mana lima kebun raya diantaranya dikelola oleh BRIN.

Jumlah tersebut mewakili 18 tipe ekoregion yang terdapat pada 21 provinsi di Indonesia.

Topik Menarik