AS Takut China Serang Pesawat Pelosi Jika Terbang ke Taiwan

AS Takut China Serang Pesawat Pelosi Jika Terbang ke Taiwan

Travel | BuddyKu | Rabu, 27 Juli 2022 - 15:43
share

WASHINGTON Para pejabat Amerika Serikat (AS) mengatakan, mereka memiliki sedikit ketakutan bahwa China akan menyerang pesawat yang ditumpangi Ketua DPR AS, Nancy Pelosi jika dia terbang ke Taiwan. Pentagon sedang mengembangkan rencana untuk segala kemungkinan.

Para pejabat keamanan AS mengatakan kepada The Associated Press, bahwa jika Pelosi pergi ke Taiwanmasih merupakan ketidakpastianmiliter akan meningkatkan pergerakan pasukan dan asetnya di kawasan Indo-Pasifik. Mereka menolak untuk memberikan perincian, tetapi mengatakan bahwa jet tempur, kapal, aset pengawasan dan sistem militer lainnya kemungkinan akan digunakan untuk memberikan perlindungan berlapis.

Baca: China Ancam Ambil Tindakan Tegas Jika Ketua DPR AS Kunjungi Taiwan

Setiap perjalanan ke luar negeri oleh seorang pemimpin senior AS membutuhkan keamanan tambahan. Tetapi para pejabat mengatakan minggu ini bahwa kunjungan Pelosi ke Taiwan - dia akan menjadi pejabat terpilih AS dengan peringkat tertinggi untuk mengunjungi Taiwan sejak 1997 - akan melampaui tindakan pencegahan keamanan biasa untuk perjalanan ke tujuan yang kurang berisiko.

Ditanya tentang langkah-langkah militer yang direncanakan untuk melindungi Pelosi jika terjadi kunjungan, Jenderal AS Mark Milley, ketua Kepala Staf Gabungan, mengatakan pada Rabu (27/7/2022), bahwa diskusi tentang setiap perjalanan tertentu masih terlalu dini.

Tetapi, dia menambahkan, jika ada keputusan yang dibuat bahwa Ketua Pelosi atau siapa pun akan bepergian dan mereka meminta dukungan militer, kami akan melakukan apa yang diperlukan untuk memastikan keamanan kunjungan mereka. Dan saya akan membiarkannya begitu saja.

Baca: China Ancam Respons Militer Soal Kunjungan Ketua DPR AS ke Taiwan

Perjalanan itu sedang dipertimbangkan pada saat China telah meningkatkan apa yang digambarkan oleh AS dan sekutunya di Pasifik sebagai konfrontasi satu lawan satu yang berisiko dengan militer lain untuk menegaskan klaim teritorialnya yang luas.

Insiden tersebut termasuk penerbangan jarak dekat yang berbahaya yang memaksa pilot lain untuk menghindari tabrakan, atau gangguan atau halangan terhadap awak kapal dan udara, termasuk dengan laser yang menyilaukan atau meriam air.

Para pejabat AS mengatakan, pemerintah meragukan bahwa China akan mengambil tindakan langsung terhadap Pelosi sendiri atau mencoba menyabotase kunjungan tersebut. Tetapi mereka tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa China dapat meningkatkan penerbangan pesawat militer yang provokatif di atau dekat wilayah udara Taiwan dan patroli angkatan laut di Selat Taiwan jika perjalanan itu dilakukan. Dan mereka tidak menghalangi tindakan China di tempat lain di kawasan itu sebagai unjuk kekuatan.

Risiko terbesar selama perjalanan Pelosi adalah unjuk kekuatan China yang salah arah, atau beberapa jenis kecelakaan yang muncul dari demonstrasi tindakan provokatif, kata Mark Cozad, penjabat direktur asosiasi Pusat Kebijakan Keamanan dan Pertahanan Internasional di Pusat Kebijakan Keamanan dan Pertahanan Internasional. Rand Corp.

Baca: Presiden Ukraina Zelensky Bertemu Ketua DPR AS Pelosi di Kiev

Jadi bisa jadi tabrakan udara. Itu bisa jadi semacam uji coba misil, dan, sekali lagi, ketika Anda melakukan hal-hal semacam itu, Anda tahu, selalu ada kemungkinan ada yang salah, lanjutnya.

Barry Pavel, direktur Pusat Strategi dan Keamanan Scowcroft di Dewan Atlantik, mencemooh pertimbangan pejabat AS yang melaporkan kapal induk dan pesawat tempur untuk mengamankan keselamatan pembicara.

Jelas, Gedung Putih tidak mau pembicara untuk pergi dan saya pikir itu sebabnya Anda mendapatkan beberapa saran ini. Dia tidak akan pergi dengan armada," kata Pavel.

Sebelumnya, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan, Beijing telah berulang kali menyatakan "posisi serius" atas kunjungan potensial Pelosi. Dia mengatakan kepada wartawan bahwa China siap untuk "mengambil tindakan tegas dan kuat untuk mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas teritorial."

(esn)

Topik Menarik