Resep Korean Fish Cake, Camilan yang Lagi Viral di Sosial Media

Resep Korean Fish Cake, Camilan yang Lagi Viral di Sosial Media

Travel | BuddyKu | Kamis, 21 Juli 2022 - 14:48
share

JAKARTA, celebrities.id - Korean fish cake merupakan salah satu jajanan yang sedang viral di media sosial TikTok. Bahkan, fish cake sudah banyak penggemarnya dan cocok di lidah orang Indonesia.

Korean Fish Cake ini terbuat dari campuran adonan tepung, daging ikan halus, sayur. Lalu, di dalamnya diisi bahan seperti keju Mozarella, sosis, crab stick, enoki, dan lain-lain.

Bisa membuat suasana rumah menjadi Korea banget dengan nonton Drakor ditemani Korean Street Food yang satu ini. Seperti apa sih cara membuat Korean fish cake?

Berikut Resep Korean Fish Cake yang dilansir Sweet Trip, Kamis (21/7/2022). Simak ulasannya berikut ini:

Resep Korean Fish Cake

Bahan utama:

500 gram ikan tenggiri fillet
1 butir putih telur
1 sendok teh baking powder
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh penyedap rasa
1 sendok makan kecap ikan
1/2 buah bawang bombai dihaluskan
3 siung bawang putih dihaluskan
75 gram tepung sagu
1 buah wortel dikupas dan dipotong dadu kecil
2 batang daun bawang dicincang halus
Minyak goreng secukupnya

Bahan pelengkap:

5 lembar rumput laut
5 buah sosis
100 gram tepung roti
5 buah cabai merah besar dibuang bijinya

Cara membuat:

1. Cuci bersih daging ikan tenggiri fillet, lalu haluskan dengan food processor atau blender khusus makanan sampai lembut dan lengket.

2. Tambahkan putih telur, baking powder, garam, penyedap rasa, kecap ikan, bawang bombay, dan bawang putih. Blender lagi supaya semua bahan tercampur.

3. Kemudian tambahkan tepung sagu ke dalam adonan dan lembutkan lagi dengan food processor sampai semua bahan tercampur rata.

4. Setelah adonan jadi, bagi adonan fish cake menjadi dua ke dalam mangkuk yang berbeda. Biarkan yang satu adonan polos dan yang satunya lagi ditambahkan potongan wortel serta daun bawang. Aduk rata.

5. Masukkan adonan yang telah dicampur sayur secukupnya ke dalam plastik segitiga dan lubangi ujungnya. Jika adonan fish cake sudah jadi, panaskan banyak minyak dalam wajah untuk menggoreng.

6. Keluarkan adonan ke dalam minyak panas dan potong panjangnya sesuai selera. Goreng hingga berwarna kuning keemasan. sisihkan.

7. Tusukkan sosis pada tusuk sate, lalu lumuri dengan adonan polos atau yang sudah dicampur sayur sampai tertutup. tempelkan rumput laut di tengahnya. goreng hingga matang berwarna kuning keemasan. sisihkan.

8. Belah cabai merah besar dan jangan sampai putih lalu isi bagian dalamnya dan lumuri luarnya dengan adonan fish cake polos. Gulingkan pada tepung roti. Goreng hingga matang dan sisihkan.

9. Untuk sisa adonan polos, kamu bisa langsung bentuk panjang lalu digoreng atau diratakan pada baking paper dan digoreng sampai matang baru lipat dan tusuk dengan tusuk sate.

10. Sajikan aneka Korean fish cake di piring selagi hangat.

Topik Menarik