5 Pemimpin Negara Dunia yang Jomblo, Ini Daftarnya

5 Pemimpin Negara Dunia yang Jomblo, Ini Daftarnya

Travel | BuddyKu | Rabu, 20 Juli 2022 - 06:22
share

MENJADI lajang atau jomblo mungkin tidak seburuk yang dikira. Menjadi mandiri tanpa adanya tempat bersandar sudah menjadi sebuah kelaziman. Lalu, bagaimana jika yang jomblo adalah pemimpin negara?

Seorang pemimpin negara biasanya mempunyai pasangan yang biasa disebut sebagai ibu negara atau sebaliknya. Namun, para pemimpin-pemimpin ini tidak mempunyai pasangan saat dirinya menjabat.

Siapa saja mereka? Inilah beberapa pemimpin negara yang jomblo, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/7/2022) :

1. Dalia Grybauskaite

Dalia Grybauskaite bisa disebut sebagai gambaran wanita karier idaman para pria. Bagaimana tidak? Grybauskaite mampu berbicara fasih dalam empat bahasa dan memiliki gelar PhD di bidang ekonomi.

Namun, kelajangannya pernah menjadi sorotan dan ia mengaku bahwa ia merupakan wanita normal dan bukan lesbian seperti anggapan orang.

2. Benigno Aquino III

Benigno Aquino III merupakan presiden Filipina pada tahun 2010 hingga 2016. Presiden Filipina ini mengaku telah merencanakan pernikahannya sejak ia duduk di bangku kuliah.

Namun, hingga akhir hayatnya pada 2021, presiden yang kerap disapa Noynoy ini memilih untuk melajang.

3. Park Geun-hye

Park Geun-hye merupakan presiden wanita pertama di Korea Selatan yang menjabat pada tahun 2013-2017. Karena tidak memiliki pendamping hidup, Park merangkap sebagai presiden sekaligus ibu negara.

Park Geun-hye memilih untuk mendedikasikan hidupnya untuk negara. Menurutnya, keputusan untuk tidak menikah membawa keuntungan bagi negara.

4. Ian Khama

Ian Khama adalah Wakil Presiden Botswana pada periode 1998 sampai 2008. Setelah itu, sejak 2008, ia menjadi presiden yang menggantikan Festus Mogae, Presiden Botswana sebelumnya. Menjadi orang nomor satu di Botswana membuat kehidupan pribadinya menjadi sorotan, termasuk soal pasangan hidup.

Ian Khama belum menikah lantaran belum menemukan pasangan yang tepat seperti apa yang diidamkan. Karena kesibukannya sebagai pemimpin nengara, Presiden Botswana ini sampai meminta para stafnya untuk mencari pasangan yang langsing, tinggi, dan putih sesuai kriterianya.

5. Vladimir Putin

Siapa yang tidak kenal dengan Presiden Rusia ini? Vladimir Putin menjabat sebagai Presiden Rusia sejak 2012 hingga saat ini. Sebelumnya, Putin pernah menikah dengan Lyudmila Putina dan memiliki dua orang putri.

Namun, pernikahan mereka harus kandas pada 2014 dan menjadikan Rusia tidak mempunyai ibu negara. Baru-baru ini, Putin sempat terkena rumor bahwa dirinya mempunyai istri rahasia. Namun hingga saat ini belum ada konfirmasi resmi tentang hal itu. (Berbagai Sumber/Litbang MPI/Mirsya Anandari Utami)