IG Live MNC AM X Rista Zwestika Sandwich Generation: Siapa Takut

IG Live MNC AM X Rista Zwestika Sandwich Generation: Siapa Takut

Travel | BuddyKu | Senin, 18 Juli 2022 - 11:41
share

JAKARTA, celebrities.id - Generasi sandwich adalah suatu generasi yang terjadi karena keadaan, harus menanggung hidup 3 generasi meliputi generasi di atasnya, yaitu orang tuanya; generasinya sendiri, yaitu diri sendiri; dan generasi di bawahnya, yaitu generasi anaknya.

Kondisi tersebut dianalogikan seperti sandwich di mana sepotong daging terhimpit oleh 2 buah roti. Generasi ini banyak ditemukan di negara berkembang seperti Indonesia, yang kental dengan nilai-nilai kekerabatannya.

Faktor finansial merupakan penyebab utama munculnya generasi sandwich ini. Hal ini terjadi biasanya karena generasi di atasnya, dalam hal ini orang tua, tidak menyiapkan dana yang cukup pada saat usia produktifnya, sehingga saat memasuki usia pensiun tidak memiliki pemasukan dan harus bergantung dari anaknya untuk memenuhi kebutuhan hidup orang tuanya.

Selain itu, faktor budaya ketimuran yang kental yang seolah mengajarkan bahwa anak-anak harus memperhatikan kehidupan orang tuanya, sebagai tanda bakti anak terhadap orang tua yang sudah berjerih payah membesarkan anaknya sampai mampu berdiri di atas kedua kakinya sendiri dan menjadi sukses, sehingga membiayai kehidupan orang tua di sisa hidup mereka adalah suatu kewajiban.

Hasilnya, generasi sandwich harus memikul beban berat dalam mencari nafkah. Menurut riset, generasi sandwich lebih rentan terkena stress karena tekanan multiperan yang di jalani. Seakan generasi sandwich adalah fenomena yang tak terhindarkan.

Jika demikian, bagaimana cara generasi saat ini yang akan masuk ke usia mapan untuk bisa terbebas dari beban sebagai generasi sandwich? Kalaupun suatu saat harus menjadi generasi sandwich, seseorang bisa menyiasatinya dengan baik, sehingga generasi sandwich bukan lagi menjadi hal yang membebani dan menakutkan.

Menanggapi fenomena ini MNC Asset Management (MNC AM) selaku unit bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang bernaung di bawah MNC Group bersama dengan Rista Zwestika, CFP selaku Financial Planner, yang juga Founder dan CEO dari Finante Indonesia, akan berkolaborasi dalam IG Live pada Selasa, 19 Juli 2022 pukul 19.00
Membahas tentang fenomena generasi sandwich di era digital dan bagaimana menyikapinya agar para generasi sandwich, yang tak tehindarkan ini, dapat di jalani dengan baik, tanpa harus membebani diri dan menjadi stress, sehingga kedepannya perlahan fenomena generasi sandwich bukan lagi momok dan bahkan akan hilang karena memiliki habit pengaturan keuangan yang baik.

Annafrid Nikijuluw selaku Business Manager MNC AM dan sekaligus menjadi host pada IG Live tersebut mengatakan bahwa,Fenomena generasi sandwich ini sangat menarik untuk dibahas, untuk melihat dari sudut pandang optimis mengenai keberadaan generasi sandwich yang seakan tidak terhindarkan mengingat faktor kultur ketimuran yang mendarah daging tentang konsep bakti kepada orang tua, dan sangat bersyukur sekali kita berkesempatan untuk bisa berdiskusi dengan orang yang tepat yaitu Rista Zwestika, yang sudah lama berkecimpung di dunia finansial planning.

Hal ini juga disambut baik oleh Rista Zwestika,Sebetulnya dengan perencanaan keuangan yang baik, sandwich generation ini bukan lagi menjadi momok generasi yang menakutkan. Seseorang yang mampu mengatur keuangannya dengan baik sejak dini akan bertumbuh dan menciptakan generasi yang kuat dan berani dalam menghadapi kenyataan apabila dirinya harus menanggung hidup generasi di atas dan di bawahnya.

Saya juga senang dan antusias banget untuk bisa berbagi tips dan solusi bareng MNC Asset karena salah satu bentuk pengelolaan uang yang baik adalah dengan menumbuhkan habit berinvestasi sebagai lifestyle, ujar Rista.

Mau tahu bagaimana ulasannya? simak pembahasan lengkapnya malam ini pukul 19.00 WIB 20.00 WIB pada akun @mncasset dan @zwestikarista Dont missed it!

Topik Menarik