Ratusan Raja Se Nusantara Ngumpul Sri Sultan HB X Didorong Nyapres

Ratusan Raja Se Nusantara Ngumpul Sri Sultan HB X Didorong Nyapres

Travel | BuddyKu | Minggu, 17 Juli 2022 - 19:18
share

Keraton Glagah Wangi Kesultanan Demak mengundang 301 raja se-Nusantara untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2022. Momentum ini, akan membahas paguyuban raja-raja. Sekaligus mendorong Sri Sultan Hamengkubuwono X sebagai Capres 2024.

Kita akan mengumpulkan raja-raja se-Nusantara untuk menyatukan serta membahas pembentukan paguyuban dari kerajaan atau kesultanan di seluruh wilayah Indonesia, ujar Sultan Duli Yang Maha Mulia (DYMM) Surya Alam, melalui keterangan tertulis kepada RM.id , Minggu (17/7).

Sultan Demak berusia 56 Tahun ini menceritakan, rencana itu buah pertemuan dirinya dengan Ketua Umum Forum Komunikasi Pendiri Deklarator Partai Demokrat (FKPD-PD) Subur Sembiring, dan Sultan Sofyan Pagaruyung Sumatera Barat di Kraton Glagah Wangi, Demak, dini hari tadi.

Sultan Surya Alam berharap, acara peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77 nantinya dihadiri sejumlah raja dari negara tetangga. Di antara mereka yang diundang yaitu para raja di Malaysia dan Brunei Darussalam.

Ketum DPP FKPD-PD, Subur Sembiring menyambut baik pertemuan ini. Bergelar Pemangku Raja Muda (PRM) Kerajaan Aceh Darussalam di Tanah Karo, Subur menceritakan acara ini merupakan kelanjutan pertemuan dengan para habib di kediaman Habib Zaki Alaydrus Pekalongan.

Ini memang kelanjutan pertemuan di Acara Haul Akbar Imam Al-Qutb Abu Bakar Assegaf di Gresik, Sabtu (16/7) lalu, ujar Subur.

Subur menilai, baik pertemuan 301 raja ini karena menjadi acara silaturahmi akbar, sekaligus menjadi wadah pembentukan persatuan Raja Sultan se-Nusantara. Pun, acara ini juga dipersiapkan untuk mendeklarasikan jagoan para Raja di Pilpres 2024.

Nanti, akan dilakukan pembacaan Deklarasi Para Raja dan Sultan Se Nusantara untuk mendukung sepenuhnya Yang Mulia Sultan Hamengkubuwono X menjadi Calon Presidenpada Pilpres 2024 yang akan datang, pungkasnya.

Topik Menarik