Harga Cabai Mahal, Mendag Zulhas: Saya Dimarahi Orang-Orang

Harga Cabai Mahal, Mendag Zulhas: Saya Dimarahi Orang-Orang

Travel | BuddyKu | Jum'at, 15 Juli 2022 - 08:00
share

JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan bahwa konsumsi rumah tangga merupakan salah satu pendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional. Jika konsumsi tinggi maka ekonomi dan investasi akan turut naik.

Zulhas menuturkan, konsumsi punya pengaruh besar atau setidaknya 53,65% terhadap produk domestik bruto (PDB). Sehingga, kata dia, semakin banyak orang berbelanja maka pertumbuhan ekonomi semakin tinggi, dan tentu akan mendorong daya beli masyarakat.

"Makin orang belanja, pertumbuhannya tinggi. Ya tentu daya belinya tinggi, inflasi naik pun kalau orangnya banyak. Tapi kalau pertumbuhannya rendah, penghasilan stuck, apalagi turun, cabai mahal, saya dimarahi orang," kata dia, Jumat (15/7/2022).

Kemudian, Ketua PAN itu mengatakan hal lain yang punya kontribusi penting dalam menggenjot pemulihan ekonomi nasional adalah adanya ritel offline dan online. Di tambah era sekarang didukung oleh kemajuan teknologi yang memudahkan orang berjualan di toko online.

"Pemerintah akan terus dorong bisnis ritel tetap tumbuh, dan bersikap secara adil dan sehat, maksudnya kompetisinya," ucap dia.

Topik Menarik