Loading...
Loading…
Jumlah Sapi 10.000 Ekor, Bantul Sebut Ketersediaan Ternak untuk Kurban Cukup

Jumlah Sapi 10.000 Ekor, Bantul Sebut Ketersediaan Ternak untuk Kurban Cukup

Powered by BuddyKu
Travel | Inews | Sabtu, 09 Juli 2022 - 08:17

BANTUL, iNews.id - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bantul menyebut ketersediaan ternak mencukupi kebutuhan hewan kurban. Saat ini ada sekitar 10.000 ekor sapi di wilayah ini

Jumlah sapi yang ada di para pedagang dan kelompok ternak mencapai 10.000 ekor, ketersediaan ternak di Kabupaten Bantul tahun ini Insyaallah relatif cukup kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bantul Joko Waluyo di Bantul, Jumat (8/7/2022).

Menurut Joko, jumlah sapi kurban yang dipotong di Bantul pada Lebaran Haji 2021 sekitar 6.500 ekor. Jika melihat dari tahun lalu maka sapi-sapi yang ada di Bantul tahun ini lebih dari cukup.

Joko mengatakan untuk kebutuhan kambing dan domba untuk hewan kurban seperti yang dipotong pada Idul Adha tahun lalu sebanyak 12.000 ekor.

Sedangkan ketersediaan kambing dan domba di Bantul lebih dari 20.000 ekor, jadi insyaallah pelaksanaan kebutuhan hewan kurban baik sapi, kambing, dan domba bisa tercukupi di Bantul, katanya.

Dia mengatakan guna menjamin kondisi kesehatan ternak menjelang Idul Adha, sejak kemarin tenaga kesehatan hewan dinas dan puskeswan melakukan pemantauan hewan di tempat-tempat penjualan sapi, kambing, domba di Bantul.

Harapan kami di pelaksanaan Idul Adha nanti tidak ada sapi terkena PMK (Penyakit Mulut dan Kuku), dan kami sudah menjamin kepada sohibul bahwa ternak-ternak yang dibeli dipotong nantinya benar-benar sehat, katanya.

Untuk pemantauan pemotongan hewan kurban di Bantul, pihaknya menerjunkan 150 petugas pengawas dan pemantau yang terdiri atas petugas paramedis dan medis dinas, petugas inseminator atau kawin suntik, mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM)

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{
{
{