Hari Arafah di Indonesia dan Arab Saudi Berbeda, Begini Penjelasan Buya Yahya

Hari Arafah di Indonesia dan Arab Saudi Berbeda, Begini Penjelasan Buya Yahya

Travel | BuddyKu | Rabu, 6 Juli 2022 - 22:35
share

JAKARTA, celebrities.id - Pemerintah Indonesia telah menetapkan bahwa Hari Raya Idul Adha jatuh pada 10 Juli 2022. Akan tetapi, berbeda satu hari dengan pemerintah Arab Saudi.

Di Makkah, Idul Adha jatuh pada 9 Juli 2022, sehingga Hari Arafah tepat pada 8 Juli 2022. Lantas, bagaimana menyikapi perbedaan keputusan antara Indonesia dengan Arab Saudi itu?

Menanggapi hal tersebut, Buya Yahya meminta umat Islam tidak khawatir. Pasalnya ketentuan Idul Adha di Indonesia sudah sesuai mazhab.

Buya Yahya juga sangat mempersilahkan jika seseorang hendak mengikuti puasa arafah sesuai dengan ketentuan pemerintah negaranya.

"Dalam madzhab itu sudah jelas, Anda ikut siapa dalam bermadzhab? Kebanyakan ulama selain dari madzhab Imam Syafii, yang artinya begini penanggalan bisa ditentukan oleh semuanya," kata Buya Yahya dalam video di kanal YouTube Al-Bahjah TV, Rabu (6/7/2022).

Oleh sebab itu, Buya Yahya menganjurkan untuk mengikuti aturan dari salah satu madzhab yang ditentukan.

"Jadi salah satu dari Anda ikut Mekkah semuanya ikut, atau ngikut yang di Indonesia. Tidak boleh setengah-setengah nanti tambah bingung itu," ujar Buya Yahya.

Jadi Buya Yahya memberikan kebebasan jika masyarakat Indonesia hendak mengikuti 9 Dzulhijjah di Arab Saudi, dan tidak salah karena hal itu bisa mengacu pada pendapat Imam Malik.

Topik Menarik