Deretan Koin Kuno di Indonesia, Harganya Bikin Geleng-geleng Kepala

Deretan Koin Kuno di Indonesia, Harganya Bikin Geleng-geleng Kepala

Travel | BuddyKu | Rabu, 6 Juli 2022 - 19:15
share

JAKARTA Salah satu barang antik yang sering dikoleksi adalah koin kuno. Koin-koin ini sudah tidak dapat digunakan untuk transaksi jual beli. Namun untuk sebagian orang, koin uang kuno memiliki daya tarik tersendiri.

Walaupun kolektor uang kuno tidak begitu populer dibandingkan kolektor prangko, mereka tetap bersedia membeli koin kuno dengan harga mencapai ratusan juta. Dilansir dari laman DJKN Kementerian Keuangan (Kemenkeu), orang mengoleksi uang kuno, baik dalam bentuk koin maupun kertas disebut dengan numismatis.

Para numismatis memiliki tujuan dalam mengoleksi uang kuno untuk mempelajari sejarah politik, cara pembuatannya, ciri-ciri pemalsuan, sampai investasi. Mereka menjadikan koleksi uang kuno, baik koin maupun kertas sebagai hobi yang menyenangkan karena kagum akan desainnya, nostalgia masa lalu, hingga cerita di balik uang tersebut.

Uang kertas dan koin kuno memiliki harga yang dipengaruhi oleh dua hal, yakni tingkat kelangkaan dan kondisi uang. Semakin langka uang tersebut, maka harga yang ditawarkan juga akan semakin mahal. Begitu pula bila kondisi fisik uang tersebut semakin bagus, maka semakin mahal juga harganya.

Bagi para numismatis, kegagalan cetak pada uang juga merupakan hal yang menarik untuk dikoleksi. Uang kertas dan koin sering kali mengalami masalah saat pencetakan, sehingga ada yang tidak bisa diedarkan dan menjadi langka. Selain itu, numismatis juga mengoleksi uang kuno berdasarkan nomor serinya. Uang kuno ini dapat dijual secara online maupun offline. Dari dalam negeri hingga luar negeri.

Di Indonesia sendiri, uang kuno atau uang logam berbentuk koin masih banyak dicari oleh para kolektor. Koin kuno memiliki daya tarik tersendiri, hingga menjadi perbincangan hangat di marketplace. Selain itu, koin kuno yang langka dan dicari banyak kolektor juga ditawarkan dengan harga yang fantastis. Bahkan ada yang dijual dengan harga ratusan juta hingga miliaran rupiah. Berikut ini uang logam kuno termahal Indonesia dan banyak dicari oleh kolektor.

Koin Kuno Rp200

Koin kuno pecahan Rp200 keluaran tahun 1945 - 1970 menjadi koin kuno yang paling banyak dicari oleh para kolektor. Koin ini memiliki desain dengan gambar burung cendrawasih dan garuda sebagai ciri khas Indonesia. Koin ini dijual di pasaran dengan harga Rp400 hingga Rp500 ribu per keping.

Koin Kuno Rp1.000Koin kuno Rp1.000 yang bergambar kelapa sawit menjadi koin kuno yang banyak dicari oleh para kolektor uang. Koin kuno ini tidak hanya membuat situs jual beli online menjadi ramai, tapi juga di media sosial dan ditawarkan dengan harga yang fantastis. Harga koin kuno pecahan Rp1.000 kelapa sawit ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp5 juta hingga Rp100 juta per kepingnya.

Koin Kuno Rp25Koin kuno pecahan Rp25 bergambar pala banyak dicari oleh para kolektor. Uang yang dikeluarkan pada tahun 1991 dan kemudian ditarik pada tahun 2010 ini sudah jarang sekali ditemukan. Oleh karena itu, harga koin kuno Rp25 ini dapat mencapai Rp100 juta per keping.

Koin Kuno Rp50Koin yang dikeluarkan pada tahun 1971 dan bergambar burung cendrawasih ini termasuk paling dicari oleh kolektor. Koin kuno Rp50 ini ditawarkan dengan harga Rp100 juta per kepingnya.

Koin Kuno Rp250Koin kuno pecahan Rp250 ini hanya beredar sebanyak 5.000 keping. Oleh karena itu, koin ini paling banyak dicari oleh para kolektor. Koin bergambar burung garuda dan patung Manjusri ini ditawarkan dengan harga Rp500 ribu per kepingnya.

Koin Kuno Rp2.000Koin kuno pecahan Rp2.000 yang diproduksi sebanyak 2.970 keping saja ini sangat dicari oleh para kolektor. Koin kuno ini ditawarkan dengan harga mencapai Rp2 juta per kepingnya. Selain itu koin pecahan Rp2.000 ini memiliki kadar emas sebanyak 90%.

Koin Kuno Rp10.000Koin kuno Rp10.000 memiliki kadar emas sebesar 90%, dan hanya diproduksi sebanyak 1.440 keping saja. Maka tak heran, koin ini banyak dicari oleh para kolektor. Koin ini ditawarkan dengan harga Rp4 juta atau lebih untuk tiap kepingnya.

Koin Kuno Rp100Koin kuno pecahan Rp100 bergambar wayang dan rumah gadang yang dikeluarkan pada tahun 1978 ini menjadi koin yang dicari oleh kolektor. Koin kuno ini dibanderol mulai dari harga Rp100 juta hingga Rp400 juta per kepingnya.

Koin Kuno Rp500Koin kuno pecahan Rp500 bergambar melati dan berwarna kuning yang dikeluarkan pada tahun 1992 ini memiliki harga yang fantastis. Koin kuno ini ditawarkan dengan harga Rp100 juta hingga Rp400 juta tiap kepingnya.

(uka)

Topik Menarik