10 Oleh-Oleh Khas Dumai yang Paling Terkenal dan Wajib Dibawa Pulang

10 Oleh-Oleh Khas Dumai yang Paling Terkenal dan Wajib Dibawa Pulang

Travel | BuddyKu | Rabu, 6 Juli 2022 - 18:15
share

DUMAI terkenal sebagai kota penghasil minyak. Selain kaya akan hasil bumi, kota di Provinsi Riau ini juga punya sederet tempat wisata, mulai dari pantai, hutan, danau hingga taman.

Saat berkesempatan berkunjung ke Dumai, jangan lewatkan untuk membeli oleh-oleh. Karena Dumai juga punya banyak pilihan oleh-oleh khasnya.

Penasaran apa saja oleh-oleh khas Dumai yang paling terkenal dan wajib dibawa pulang? Berikut ulasannya :

1. Keripik cabe

Bagi Anda pencinta pedas, wajib membeli keripik cabe. Jajanan ini cukup populer di Dumai. Keripik ini menggunakan bahan baku keripik singkong kemudian diberi bumbu cabe sehingga menghadirkan sensasi pedas saat dimakan. Anda bisa mendapatkan keripik cabe ini di toko oleh-oleh.

2. Bubur lambok

Bubur lambok juga masuk dalam daftar oleh-oleh khas Dumai yang wajib dibawa pulang. Namun makanan ini tidak direkomendasikan dibawa pulang untuk perjalanan darat antar provinsi yah. Sebab makanan ini tidak kuat tahan lama.

ilustrasi

Bubur lambok (IG @azzanur)

Bubur lambok ini memiliki cita rasa yang lezat dan kaa rempah. Berbagai topping seperti bawang goreng dan daun seledri menambah gurih pada bubur ini.

3. Gulai asam kuning

Gulai asam kuning ini memiliki cita rasa yang lezat dan kaya rempah. Gulai asam kuning dicampurkan dengan daging ayam atau variasi ikan. Sajian kuliner ini sangat cocok dibawa pulang untuk kemudian disantap bersama keluarga.

4. Dodol nenas

Di beberapa daerah di Indonesia memiliki oleh-oleh dodol nenas. Dumai juga punya lho. Dodol nenas ini menggunakan bahan dasar nanas yang ditambahkan dengan santan, gula pasir, dan tepung ketan.

Seluruh bahan tersebut dicampurkan ke dalam sebuah wajan berukuran besar, lalu diaduk hingga matang sepenuhnya. Tujuan diaduknya tidak lain untuk membuat kandungan air berkurang. Dodol nenas memiliki warna yang cantik karena dicampur dengan pewarna makanan yang pastinya aman dikonsumsi.

5. Bolu kemojo

Bagi masyarakat Dumai, bolu kemojo biasanya disajikan saat perayaan hari-hari besar, salah satunya pernikahan. Bolu ini memiliki tekstur yang kenyal dan legit.

Bagi Anda yang penasaran dengan rasa bolu ini, Anda bisa membelinya di toko oleh-oleh. Kue ini memiliki warna hijau dan memberi tampilan yang menarik.

6. Mi sagu

Mi sagu makanan yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Dumai. Mi ini biasanya diolah dengan ditumis bersama campuran rempah-rempah, toge, dan ikan teri.

Anda bisa membeli mi sagu mentah kemudian dibawa pulang dan diolah di rumah lho. Mi sagu ini juga memiliki kandungan karbohidrat yang rendah sehingga tidak perlu khawatir jika Anda sedang menjalankan program diet.

Topik Menarik