Pengiriman Sapi dari Gorontalo Utara ke Tarakan Meningkat, Tiap Pekan 100 Ekor Lebih

Pengiriman Sapi dari Gorontalo Utara ke Tarakan Meningkat, Tiap Pekan 100 Ekor Lebih

Travel | BuddyKu | Rabu, 6 Juli 2022 - 09:09
share

GORONTALO, iNews.id - Pengiriman sapi dari Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, ke Tarakan, Kalimantan Timur jelang hari raya Iduladha 1443 Hijriah/2022 tetap meningkat. Pengiriman sapi dilakukan melalui Pelabuhan Nusantara Kwandang.

Alhamdulillah, permintaan sapi dari daerah lain, khususnya Kota Tarakan tetap tinggi jelang hari raya Iduladha, kata Rusli Usman, salah satu pengusaha sapi di Desa Leboto, Kecamatan Kwandang, Selasa (5/7/2022).

Ia mengatakan virus penyakit mulut dan kuku (PMK) yang merebak di daerah lain, tidak memengaruhi permintaan sapi dari daerah ini.

Setiap pekan, kata dia, pengiriman sapi dilakukan rata-rata di atas 100 ekor. Bahkan jelang Iduladha, permintaan meningkat hingga 30 persen.

Didominasi sapi dengan berat bobot 600 kilo gram per ekor seharga Rp30 juta hingga Rp32 juta, dan berat bobot 400 kilo gram per ekor, seharga Rp15 juta hingga Rp20 juta.

Ia mengatakan, kenaikan harga sapi terjadi karena permintaan yang tinggi jelang Iduladha, namun tidak signifikan. Hanya sekitar Rp1 juta hingga Rp1,5 juta per ekor.

Untuk mencegah penularan virus PMK, pihaknya sangat mematuhi persyaratan pengiriman.

Seperti melakukan karantina selama 14 hari untuk memastikan sapi aman dari virus PMK. Seluruh sapi yang akan dikirim, menjalani pemeriksaan untuk mendapatkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Kemudian, wajib mengurus surat rekomendasi pengeluaran ternak dari Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, dan melapor ke Balai Karantina Pertanian Kelas II Gorontalo untuk mengurus Sertifikat Karantina.

Semua persyaratan kami penuhi untuk menjaga kualitas sapi yang dikirim dari daerah ini, kata Rusli yang sudah 20 tahun lebih melakoni usaha tersebut.

Sejauh ini, katanya pula, tidak menemukan kendala dalam pengiriman sapi ke daerah tujuan. Apalagi biaya angkut menggunakan kapal tol laut cukup murah sehingga sangat membantu para pengusaha.

Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Gorontalo Utara, Drh Lely Umi Wakhidah, mengatakan secara intensif memeriksa seluruh ternak sapi termasuk yang dikarantina untuk memenuhi permintaan pasar nusantara.

Pemeriksaan kesehatan hewan juga untuk menjamin sapi dari daerah ini aman virus PMK. Sejauh ini, daerah kita aman dari virus PMK, katanya.

Untuk armada pengangkut pun diwajibkan disemprot desinfektan untuk menjaga kebersihan kandang agar aman dari virus.

Topik Menarik