Badak Akhirnya Kembali ke Belantara Mozambik Setelah 40 Tahun Punah

Badak Akhirnya Kembali ke Belantara Mozambik Setelah 40 Tahun Punah

Travel | BuddyKu | Rabu, 6 Juli 2022 - 04:29
share

SETELAH lebih dari empat dekade punah, badak kembali menjelajahi hutan belantara Mozambik.

Pemerintah negara tersebut membawa spesies terancam punah itu dari Afrika Selatan dalam upaya menghidupkan kembali taman-taman nasional dan mendorong pariwisata lokal.

Sekelompok polisi hutan menangkap, membius dan membawa badak-badak hitam dan putih sejauh lebih dari 1.610 km ke Taman Nasional Zinave di Mozambik seluas 400.000 hektare.

Taman nasional itu mendatangkan lebih dari 2.300 ekor hewan dari tempat lain.

"Badak penting bagi ekosistem, salah satu alasan kenapa kami membawanya dari jarak sejauh ini dan melakukan semua upaya untuk mendapatkannya di sana," ungkap pakar konservasi yang mengawasi translokasi badak, Kester Vickery, mengutip Antara .

Kelompok konservasi Yayasan Taman Nasional Perdamaian (PPF) yang menjalankan upaya itu berencana merelokasi 40 ekor lebih badak dalam dua tahun ke depan ke Mozambik.

Manajer proyek PPF Anthony Alexander mengatakan bahwa pihaknya telah mendatangkan hewan predator tertentu dan sejumlah besar gajah ke taman nasional itu dan sekarang adalah giliran badak.

"Menyenangkan sekali bisa melengkapi kehadiran spesies bersejarah di taman itu," kata dia.

Inisiatif tersebut merupakan bagian dari program penyelamatan badak dengan cara merelokasi hewan terancam punah itu ke tempat yang lebih baik di mana mereka punya kesempatan untuk meningkatkan populasi.

Topik Menarik