10 Kota Terkecil nan Indah di Dunia, Nomor 5 Hanya Dihuni 30 Orang

10 Kota Terkecil nan Indah di Dunia, Nomor 5 Hanya Dihuni 30 Orang

Travel | BuddyKu | Sabtu, 2 Juli 2022 - 15:06
share

JAKARTA, iNews.id - Ada beberapa kota terkecil di dunia berdasarkan jumlah populasinya. Kota-kota itu umumnya berada di Eropa di mana tingkat kelahiran menurun signifikan.

Jika pada umumnya kota-kota besar di dunia berpenduduk jutaan jiwa, beberapa kota ini hanya diisi ribuan bahkan puluhan penduduk saja. Tak heran jika kota-kota ini begitu tenang jauh dari hiruk pikuk.

Berikut daftar 10 kota terkecil di dunia berdasarkan populasi:

1. Dubrovnik

Dubrovnik terletak di Laut Adriatik, Kroasia, dengan penduduk sekitar 40.000 jiwa. Karena posisinya yang di pinggir laut, Dubrovnik juga merupakan tujuan wisata terkenal di Laut Mediterania. Kota ini terhubung ke seluruh Kroasia dengan Jembatan Peljesac.

Salah satu alasan kota ini diminati turis adalah keunikan bangunannya. Kota tua nan indah tersebut diapit oleh bangunan-bangunan seperti benteng dan jalan berbatu kapur.

2. Saint Asaf

Kota kecil ini terletak bediri di pinggir Sungai Elwy, Wales. Wilayahnya juga sangat kecil dan dihuni sekitar 3.300 penduduk saja, berdasarkan sensus pada 2011.

Soal panorama tak diragukan lagi. Kota ini menyajikan pemandangan Vale of Clwyd serta perdesaan yang hijau. Para turis bisa menjelajah sambil melakukan perjalanan ke kota-kota pesisir seperti Rhyl, Abergele, Colwyn Bay, dan lainnya.

3. Adamstown

Kota yang satu ini terletak di Kepulauan Pitcairn. Anehnya, total populasi Adamstown hanya 40 orang. Semua pulau yang tersisa dalam gugusan tidak berpenghuni. Hanya Adamstown yang dihuni penduduk.

Untuk tinggal di sini, penduduk menikmati internet, televisi, telepon, dan fasilitas lainnya, dari satelit. Sarana komunikasi utama bagi penduduk adalah radio.

4. Saint David

Kota yang berada di Wales ini juga disebut-sebut sebagai salah satu kota terkecil di dunia secara geografis. Kota ini didirikan pada tahun 500-an. Kota menghadap ke area sekitar katedral dan biara yang didirikan St David.

Populasi St David sangat langka. Berdasarkan perkiraan saat ini, hanya 1.800 orang tinggal di kota nan indah ini. Namun bukan berarti St David kekurangan fasilitas bagi warga dan turis. Mereka bisa menikmati fasilitas kafe, restoran, hotel, serta galeri seni.

5. Hum

Populasi kota di Kroasia ini bakal membuat terkejut. Berdsarkan sensus tahun 2011, hanya 30 orang yang tinggal di Hum. Kota ini juga dicatat dalam Guinness World Record sebagai kota terkecil berdasarkan populasi.

Meski minim penduduk, Hum menawarkan beberapa tempat paling luar biasa untuk dikunjungi turis. Ada gereja dan monumen indah bagi para penggemar sejarah. Selain itu ada desa indah Kotli yang penuh dengan air terjun dan kincir air.

6. Ngerulmud

Kota ini merupakan pusat pemerintahan Republik Palau, negara kepulauan di Samudera Pasifik. Jumlah penduduknya hanay sekitar 400 orang.

Meski berpenduduk sangat minim, Palau memiliki banyak pulau yakni 346 dan Ngerulmud adalah yang paling besar. Meskipun kota penting, Ngerulmud sangat terisolasi. Turis tidak memiliki banyak tempat untuk menjelajah.

7. Jericho

Kota di Palestina ini yang terletak di Tepi Barat dan Lembah Yordan. Sungai Yordan terletak di timur, dan Yerusalem di barat. Jericho juga merupakan pusat kota Kegubernuran Jericho di bawah Pemerintah Otoritas Palestina.

Berdasarkan data para 2007 penduduk kota ini 18.346 orang. Ketika Mandat Inggris berakhir di seluruh Palestina, Jericho dianeksasi dan diperintah oleh Yordania dari 1949 hingga 1967. Kota ini kemudian dikembalikan ke Otoritas Palestina.

Tidak banyak orang yang tahu bahwa Jericho merupakan kota tertua di dunia dengan tembok benteng juga yang tertua yang diketahui.

8. Greenwood

Greenwood adalah kota di selatan-tengah British Columbia dan pertama kali didirikan pada 1897. Kota ini berfungsi sebagai pusat peleburan dan pertambangan Boundary Country. Setelah penutupan industri di sekitar area tersebut, Greenwood tetap bertahan sebagai kota penting untuk wilayah.

Berbicara tentang sejarah kota, sekitar 1.200 orang Kanada-Jepang dikirim ke Greenwood pada 1942 sebagai bagian dari pengasingan.

9. Vaduz

Vaduz adalah kota kuno yang terletak di Liechtenstein. Pada 2017, populasi ktoa ini 5.450 saja. Kota ini kebetulan menjadi ibu kota sekaligus pusat keuangan negara.

Bagi para pecinta seni dan sejarah, kota ini layak dikunjungi karena banyak terdapat benteng dan museum. Kuntsmuseum yang indah layak untuk dijelajahi. Di kota ini juga banyak tempat indah, kebun anggur, dan fasilitas lainnya, baik untuk turis maupun penduduk lokal. Turis bisa menjelajahinya dengan sepeda atau sepeda motor.

10. San Marino

Surga Eropa kecil yang indah ini dikelilingi oleh wilayah Italia. Menariknya, kota berpenduduk sekitar 4.100 jiwa ini menjadi salah satu tempat paling jarang dikunjungi di dunia.

Tempat ini populer karena jalanannya yang berbatu dan curam. San Marino menawarkan Benteng Tiga Menara yang megah serta Gunung Titano. Selain pemandangan alam yang indah, turis bisa menikmati kuliner yang meriah di kafe dan restoran cantik di kota ini.

Topik Menarik