Disambut Letupan Salvo, Begini Suasana Pemakaman Tjahjo Kumolo di TMP Kalibata

Disambut Letupan Salvo, Begini Suasana Pemakaman Tjahjo Kumolo di TMP Kalibata

Travel | BuddyKu | Jum'at, 1 Juli 2022 - 18:26
share

JAKARTA, iNews.id - Jenazah Menpan-RB, Tjahjo Kumolo dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022) sore. Rangkaian upacara pemakaman secara militer dimulai pukul 17.35 WIB.

Saat jenazah hendak dikebumikan, sejumlah personel TNI dan Polri bersikap mengarahkan senjata 190 derajat guna melakukan tembakan salvo penghormatan. Saat prosesi jenazah dimasukkan ke dalam liang lahat, seluruh pelayat diminta untuk berdiri memberikan penghormatan terakhir bagi mantan Mendagri tersebut.

Detik-detik dikebumikannya jenazah diiringi musik sebagai tanda penghormatan kepada mendiang Tjahjo.

Regu personel militer yang membawa jenazah membentangkan bendera Merah Putih di atas liang lahat. Setelahnya kumandang Azan yang terdengar.

Setelah prosesi pemakaman selesai, sejumlah keluarga mendiang Tjahjo menaburkan bunga sebagai persembahan terakhir di makam mantan Sekjen PDIP tersebut sebelum makam ditutup dengan gundukan tanah.

Tjahjo Kumolo diketahui meninggal dunia setelah menjalani perawatan di RS Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022) pukul 11.10 WIB. Jenazahnya kemudian disemayamkan di rumah duka kawasan Widya Chandra, Jakarta Selatan.

Selanjutnya jenazah kemudian disalatkan di Masjid Quba kompleks Kemenpan-RB yang dipimpin oleh Wapres Ma\'ruf Amin. Menko Polhukam Mahfud MD kemudian memimpin upacara penyerahan jenazah dari keluarga kepada negara untuk kemudian dimakamkan di TMPNU Kalibata.

Topik Menarik