Jemaah Haji Indonesia Banyak yang Mengalami Penyakit Jantung, Ini Faktor Pemicunya

Jemaah Haji Indonesia Banyak yang Mengalami Penyakit Jantung, Ini Faktor Pemicunya

Travel | BuddyKu | Kamis, 30 Juni 2022 - 14:26
share

JAKARTA, celebrities.id - Penyakit Jantung menggambarkan kondisi jantung mengalami gangguan. Kondisi tersebut banyak dialami para jemaah haji Indonesia, yang kambuh akibat aktivitas fisik terlalu berat.

Tim dokter Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah, dr Mohammad Rizki Akbar, Sp.JP(K) menyampaikan sedikitnya melayani 10 pasien penyakit jantung di pelayanan rawat jalan KKHI Makkah setiap harinya.

"Di Poli Risti (poli rawat jalan untuk jemaah risiko tinggi), kami melakukan pelayanan antara 10-20 pasien per hari, ujar dr. Rizki dilansir dalam laman resmi Kemenkes, Kamis (30/6/2022)

Sementara itu, menurut dr Rizki bukan hanya aktivitas fisik yang berat. Umumnya pasien sudah memiliki faktor lain pemicu yaitu hipertensi, ditambah dengan cuaca yang ekstrim di Arab Saudi.

Hipertensi merupakan salah satu faktor risiko untuk terjadinya kelainan jantung. Jadi kalau jemaah dengan aktivitas yang tinggi dan tidak dikontrol obat obatan, menyebabkan tekanan darahnya naik dengan cepat, jadi itu bisa memicu untuk munculnya kelainan jantung, katanya.

Kendati demikian, dr Rizki mengatakan para jemaah haji perlu memahami batas kemampuan fisik diri sendiri, mengingat ibadah haji merupakan ibadah yang melibatkan aktivitas fisik berat. Selain itu jemaah juga diminta untuk minum obat rutin tepat waktu.

"Setiap jemaah yang kemudian merasakan adanya keluhan, sebaiknya langsung sampaikan kepada dokter kloternya untuk dievaluasi apakah ada masalah dengan kondisi kesehatannya, ucapnya.