Sanggar Kope Oles Todo Kongkol Jadi Destinasi Wisata Budaya Baru di Labuan Bajo

Sanggar Kope Oles Todo Kongkol Jadi Destinasi Wisata Budaya Baru di Labuan Bajo

Travel | BuddyKu | Kamis, 30 Juni 2022 - 08:53
share

JAKARTA, iNews.id - Labuan Bajo memiliki destinasi wisata baru berbasis budaya yang melibatkan semua kalangan masyarakat di Kampung Kaper, Desa Golo Bilas, Kecamatan Komodo, Labuan Bajo. Destinasi baru ini letaknya sangat strategis, di pinggir jalan Trans Flores, hanya berjarak sekitar 2,4 KM dari pusat kota Labuan Bajo.

Destinasi Sanggar Kope Oles Todo Kongkol dikatakan Wakil Bupati Manggarai Barat dr Yulianus Weng, merupakan bukti nyata bagaimana mayarakat menyambut Labuan Bajo sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Hal ini tentunya dapat menjadi sarana untuk melestarikan budaya.

Dia berharap kehadiran Sanggar Kope Oles Todo Kongkol dapat semakin melestarikan budaya Manggarai. Salah satunya dengan pariwisata, yang menurutnya dapat menjadi jalan untuk merawat nilai budaya Manggarai.

Perkembangan pariwisata boleh pesat, tapi tidak boleh meruntuhkan atau menghilangkan atau menggerus nilai-nilai budaya yang sudah ada, bertumbuh, berkembang, dan hidup di tengah masyarakat, ujar Yulianus dikutip dari keterangan pers yang Kamis (30/6/2022).

Terkait dengan hadirnya Sanggar Kope Oles Todo Kongkol, Direktur Utama BPOLBF (Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores), Shana Fatina mengatakan masyarakat Kaper pada dasarnya sudah memiliki jiwa hospitality. Hal ini mengacu pada hasil kolaborasi dan pertemuan yang telah dilakukan BPOLBF bersama masyarakat Desa Golo Bilas sebelumnya. Keterlibatan anak-anak muda dalam Sanggar Kope Oles Todo Kongkol, menurut Shana, adalah bukti bahwa apa yang sudah dan telah dirintis oleh Desa akan terus dilestarikan.

Sudah ada tamu juga yang datang, bahkan ada yang ikut berlatih memainkan gendang sampai pagi. Jadi pada dasarnya, hospitality atau kemampuan untuk melayani, berkolaborasi, dan keterbukaan masyarakat Kaper sudah sangat luar biasa, terutama keterlibatan anak muda yang kita semua bisa lihat hari ini, ujar Shana.

Sementara itu, Ketua Sanggar Kope Oles Todo Kongkol, Adrianus Taur mengatakan, sanggar yang dia pimpin adalah tanda persatuan seluruh masyarakat Kaper untuk melestarikan budaya di DPSP Labuan Bajo. Kehadiran Sanggar Kope Oles Todo Kongkol ini, kata Adrianus, merupakan bentuk kerinduannya sekaligus upaya untuk melestarikan dan belajar budaya, sehingga bisa dengan mudah diwariskan kepada generasi selanjutnya.

Wisatawan maupun masyarakat yang ingin ikut melestarikan budaya Manggarai bisa datang ke Rumah Gendang setiap malam minggu untuk melihat dan bisa turut serta berlatih bersama kami, kata Andrianus.

Topik Menarik