Loading...
Loading…
10 Tradisi Menyusui di Berbagai Negara, Nomor 7 Ada Bank ASI Terbesar di Dunia

10 Tradisi Menyusui di Berbagai Negara, Nomor 7 Ada Bank ASI Terbesar di Dunia

Powered by BuddyKu
Travel | Okezone | Kamis, 30 Juni 2022 - 00:33

MENGENAL 10 tradisi menyusui di berbagai negara. Menyusui sudah lumrah dilakukan setiap ibu terhadap anaknya. Namun, beberapa negara ternyata punya tradisi unik dalam hal menyusui.

Memberi air susu ibu (ASI) untuk buah hati sangat penting untuk membantu pembentukan sistem daya tahan tubuh terhadap penyakit dan merangsang perkembangan otak, sehingga si anak lebih sehat.

Oleh karena itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan agar semua bayi bisa mendapatkan ASI minimal selama enam bulan pertama kehidupan mereka. Namun, tidak semua bayi mendapatkan itu, dan setiap negara memiliki tradisi menyusui yang berbeda-beda.

Seperti apa sih? Berikut 10 tradisi menyusui di berbagai negara, seperti dirangkum dari berbagai sumber :

India

Masih ada pedesaan di India yang masyarakatnya menganggap bahwa kolostrum itu kotor. Para ibu akhirnya mengeluarkan ASI untuk kemudian dibuang.

Sebagian ibu di pedesaan India juga cenderung menggunakan susu kambing daripada ASI manusia untuk memberi makan bayi mereka.

10 tradisi menyusui di berbagai negara

Namun, India juga memiliki tingkat menyusui yang tinggi. Menurut La Leche, 95 persen bayi India disusui setelah lahir, dan 43 persen disusui secara eksklusif selama 4-6 bulan.

Baca Juga :
Tradisi Unik Wanita Suku Bishnoi di India, Rela Menyusui Bayi Rusa yang Dianggap Suci

Kanada

Di Kanada, menyusui terkait dengan pendidikan, di mana wanita dengan tingkat pendidikan yang lebih tinggi lebih mungkin untuk menyusui lebih lama. Kanada juga memiliki hak hukum yang kuat untuk wanita menyusui dan di bawah Piagam Hak dan Kebebasan Kanada, wanita di semua provinsi Kanada memiliki hak untuk menyusui di mana saja dan kapan saja.

Peru

Menyusui di Peru dianggap sebagai bagian alami dari kehidupan. Peru memiliki tingkat menyusui yang sangat tinggi dibandingkan dengan banyak negara Barat.

Menurut La Leche League, 97 persen bayi di Peru disusui saat lahir, dan 53 persen masih menyusui secara eksklusif hingga usia enam bulan.

Italia

Banyak ibu di Italia mulai menggunakan susu formula selama era 1970-an dan ini menjadi tren di generasi berikutnya. Menurut data dari La Leche League, 85 persen bayi Italia memang disusui saat lahir, tetapi hanya 19 persen yang mendapatkan ASI eksklusif.

Amerika Serikat

Ada banyak undang-undang negara bagian di Amerika Serikat yang mengizinkan wanita menyusui di tempat umum. Menurut data dari WHO, hampir 74 persen anak-anak AS diberikan ASI, tetapi hanya 33,1 persen yang disusui secara eksklusif hingga usia empat bulan, dan hanya 13,6 persen yang disusui secara eksklusif hingga enam bulan. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh banyaknya ibu yang bekerja di Amerika Serikat.

Baca Juga :
Hari ASI Sedunia 2022: Intip Sejarah dan Tujuan Memperingatinya

Norwegia

Norwegia menjadi salah satu negara terbaik yang ramah terhadap ibu menyusui. Norwegia mempunyai cuti untuk para orangtua yang mengasuh anak selama 49 minggu dengan tetap digaji penuh. Ini yang membantu kaum ibu untuk bisa menyusui selama enam bulan atau lebih.

Original Source

Topik Menarik

{