Sedot Anggaran Rp1,4 T, Bendungan Meninting Lombok Ditargetkan Rampung di 2023

Sedot Anggaran Rp1,4 T, Bendungan Meninting Lombok Ditargetkan Rampung di 2023

Travel | BuddyKu | Rabu, 29 Juni 2022 - 09:35
share

IDXChannel - Pembangunan Bendungan Meninting di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) ditargetkan rampung pada 2023 mendatang. Adapun hingga saat ini prosesnya baru 30,49% yang dibangun sejak 2019 dengan anggaran Rp1,4 triliun.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berpesan agar pembangunan bendungan di Indonesia pada umumnya harus memperhatikan aspek-aspek lingkungan.

"Pembangunan Bendungan Meninting jangan sampai merusak lingkungan di sekitarnya. Hindari menebang pohon jika tidak perlu ditebang agar bukit-bukitnya tidak rusak. Untuk itu metode konstruksi harus disusun secara cermat dan hati-hati," kata Menteri Basuki pada keterangan tertulisnya, Selasa (28/6/2022).

Kehadiran Bendungan Meninting yang berkapasitas tampung 12 juta m3 ini berpotensi memberikan manfaat mengairi daerah irigasi seluas 1.559,3 Ha, memenuhi kebutuhan air baku untuk Kabupaten Lombok Barat bagian Utara sebesar 0,15 m3/detik khususnya di wilayah Senggigi.

Selain itu kehadiran bendungan ini jug diharapkan mampu menyediakan energi listrik sebesar 0,8 MW, reduksi banjir sebesar 36 m3/detik, dan sebagai destinasi wisata baru yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Menteri Basuki menekankan bahwa pembangunan bendungan harus dilakukan secara tertib dan tepat dengan tetap menjaga kondisi lingkungan sekitar.

Selain itu, Menteri Basuki juga berpesan agar pengawasan pekerjaan konstruksi lebih ditingkatkan agar Bendungan Meninting dapat diselesaikan dengan kualitas yang terbaik.

"Peran konsultan pengawas sangat penting karena bertindak sebagai wakil owner dan menentukan kualitas pekerjaan," tegas Menteri Basuki.

Sebagai informasi bendungan Meninting merupakan bendungan yang termasuk dalam pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) dalam rangka mendukung ketahanan pangan dan air, khususnya di Kawasan Timur Indonesia.

(IND)

Topik Menarik