Kapal Wisata di Taman Nasional Komodo Menabrak Karang, 2 Wisatawan Ibu dan Anak Tewas Tenggelam

Kapal Wisata di Taman Nasional Komodo Menabrak Karang, 2 Wisatawan Ibu dan Anak Tewas Tenggelam

Travel | BuddyKu | Selasa, 28 Juni 2022 - 19:55
share

LABUAN BAJO Diduga menghantam karang karena cuaca buruk, kapal wisata di perairan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, terbalik dan mengakibatkan dua wisatawan tenggelam.

Kejadian nahas ini terjadi di sekitar perairan Pulau Kambing, yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo, dan diperkirakan terjadi sekitar pukul 05.30 Wita.

Kepala Pos SAR Basarnas Labuan Bajo, Edi Suryono mengatakan, kapal wisata KM Tiana mengangkut 18 wisatawan, dan 6 Anak Buah Kapal (ABK). Kapal itu terbalik di dekat Pulau Kambing, kawasan Taman Nasional Komodo.

"Dari kejadian ini dua orang jenazah berhasil ditemukan, masing-masing diketahui sebagai ibu dan anak, yakni Jamiatun Widaningsih (53), dan Annisa Fitriani (22)," katanya, Selasa (28/6/2022).

"Tadi sudah ditemukan dua orang berjenis kelamin perempuan dalam waktu yang berbeda, Jamiatun Widaningsih ditemukan pukul 09.00 Wita. Sedangkan Annisa Fitriani ditemukan satu jam setelahnya," sambungnya.

Untuk diketahui, kapal wisata KM Tiana mengangkut 18 wisatawan, dan 6 ABK yang melakukan pelayaran menuju Pulau Padar di taman Nasional Komodo.

Baca : Menteri LHK Izinkan 29 Taman Nasional dan Taman Wisata Alam Dibuka Kembali

Dari 18 wisatawan, 2 dilaporkan tenggelam. Sedangkan 16 wisatawan lainnya berhasil selamat, dibantu Basarnas dan kapal wisata lain yang kebetulan melewati perairan tersebut.

Sebelumnya dari pihak BMKG Manggarai Barat juga sudah mengingatkan akan adanya gelombang tinggi di perairan NTT, dan sekitarnya. Info cuaca dari BMKG, diperkirakan gelombang mencapai 1.25 - 3.5 meter, dari tanggal 27-30 Juni.

(san)