Mulai 1 Agustus 2022, Wisatawan Taman Nasional Komodo Harus Beli Tiket Online

Mulai 1 Agustus 2022, Wisatawan Taman Nasional Komodo Harus Beli Tiket Online

Travel | BuddyKu | Senin, 27 Juni 2022 - 18:49
share

JAKARTA, celebrities.id - Pemerintah menerapkan aturan baru terkait pembelian tiket online bagi wisatawan ke Taman Nasional (TN) Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, mulai 1 Agustus 2022.

Hal ini disampaikan oleh Koordinator Pelaksana Program Konservasi di Taman Nasional Komodo, Carolina Noge.

Dia menjelaskan pembatasan jumlah kunjungan itu dalam rangka menjaga daya tampung dan daya dukung di seluruh kawasan konservasi.

"Pembatasan jumlah pengunjung kurang lebih 200 ribu per tahun dengan sistem manajemen kunjungan berbasis online akan mulai berlaku pada 1 Agustus 2022," kata Carolina dalam konferensi pers di kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Senin (27/6/2022).

Selain itu, sistem tersebut juga diterapkan sebagai upaya pembatasan jumlah pengunjung sekaligus tindakan konservasi Taman Nasional Komodo.

Pemerintah pun masih melakukan uji coba terkait sistem juga pengaturan kunjungan wisatawan dari Labuan Bajo ke Pulau Komodo.

Carolina menyampaikan bahwa harga tiket belum ditentukan, tetapi akan disesuaikan dengan kebutuhan biaya konservasi Taman Nasional Komodo.

Dari hitungan dan rekomendasi hasil kajian Daya Dukung dan Daya Tampung berbasis jasa ekosistem ditentukan bahwa biaya konservasi Taman Nasional Pulau Komodo antara Rp2,9 juta sampai Rp5,8 juta.

"Maka biaya konservasi, kita masih menghitung komponennya dan akan kami umumkan juga. Tapi biaya yang akan diberlakukan sebesar Rp3,750 juta per orang per tahun, akan dilakukan secara kolektif untuk maksimal kurang lebih 4 orang dalam satu biaya konservasi tersebut," katanya.

Kepala Kajian Daya Tampung Daya Dukung Taman Nasional Komodo Irman Firmansyah menambahkan, pembatasan jumlah kunjungan di TN Komodo perlu dilakukan guna menjaga alam dan spesies kadal tersebut.

Data TN Nasional mencatat, jumlah pengunjung naik sejak 2010 hingga 2019 mencapai 221 ribu orang dalam setahun. Angka kunjungan sempat turun akibat kondisi pandemi Covid-19. Namun, pada 2021 jumlah wisatawan TN Komodo kembali melonjak.

Dari analisis tersebut, direkomendasikan bahwa kunjungan wisatawan yang ideal cukup 219 ribu orang per tahun. Atau batas maksimal tak lebih dari 292 ribu pengunjung per tahun.

"Kalau ada ratusan atau di luar kapasitas pengunjung yang datang akan terjadi peningkatan suhu lokal, oksigen yang terhirup juga akan langsung ada pengurangan," kata Irman.

Topik Menarik