Serunya Kegiatan Diaspora Indonesia di Inggris, Main Voli Sampai Makan Nasi Tumpeng!

Serunya Kegiatan Diaspora Indonesia di Inggris, Main Voli Sampai Makan Nasi Tumpeng!

Travel | BuddyKu | Minggu, 26 Juni 2022 - 17:33
share

Tarik tambang, balap karung, bakiak biasanya dilombakan saat perayaan 17 Agustus. Tapi di London, Inggris , beragam perlombaan tersebut dimainkan saat acara Temu Kangen Paguyuban Merah Putih yaitu sebuah komunitas diasporaIndonesia yang ada di Inggris.

Paguyuban Merah Putih digagas oleh para diaspora Indonesia yang tinggal di Kota London. Mereka adalah Enih, Andi, Dwi, Chevy, dan Hilman. Komunitas tersebut diresmikan oleh Duta Besar RI untuk Inggris dan Irlandia Desra Percaya pada September 2021.

Sebetulnya sih acara kumpul-kumpul seperti ini sudah kami lakukan sejak dulu, sekitar 2006. Untuk tanding voli awalnya, di sini di Queensway Park, ujar Enih yang biasa dipanggil Bu Kapten karena kebetulan kapten tim bola voli kepada Rosi Meilani, Tim IDZ Creators.

inggris
Paguyuban Merah Putih di London, Inggris. (Rosi Meilani/IDZ Creators)

Pembentukan Paguyuban Merah Putih bertujuan untuk mempersatukan sekaligus menjalin silaturahmi masyarakat Indonesia di Inggris Raya.

Jadi komunitas ini dibentuk untuk bersatu dan bersilaturahmi tanpa ada perbedaan status sosial, suku, agama, ras, antar golongann, ujar Dimas Darsono, Pembina Paguyuban Merah Putih.

Sejauh ini, yang terdaftar sebagai anggota Paguyuban Merah Putih sekitar 130 orang. Meski penggagasnya adalah warga Indonesia yang tinggal di London, tapi anggotanya tidak hanya orang Indonesia yang tinggal di London saja, ada juga yang tinggal di luar London, seperti Birmingham, Manchester, Somerset, dan beberapa kota lain di Inggris.

Jika Paguyuban Merah Putih bikin acara pesertanya datang membludak. Jadi yang mau ikutan acara Paguyuban Merah Putih tak harus register sebagai anggota. Pokoknya kita ikut ramai-ramai saja memeriahkan acaranya, kata Hilman Hidayat selaku Humas Paguyuban Merah Putih.

inggris
Paguyuban Merah Putih di London, Inggris. (Rosi Meilani/IDZ Creators)

Seperti gelaran acara Paguyuban Merah Putih, pada Minggu, 19Juni 2022 kemarin yang dihadiri sekitar 350 orang. Tak hanya dihadiri oleh warga Indonesia saja, tapi juga warga lokal ataupun mereka yang menikah dengan orang lokal.

Acara dibuka oleh Sari Percaya, istri dari Desra Percaya, Duta Besar RI untuk Inggris dan Irlandia dengan pemotongan tumpeng khas acara orang Indonesia. Selain aneka lomba 17-an, acara dimeriahkan berbagai permainan voli antar grup dengan bertabur hadiah.

inggris
Paguyuban Merah Putih di London, Inggris. (Rosi Meilani/IDZ Creators)

Tak hanya lomba permainan, sajian hiburan dan acara makan-makan tak kalah seru. Sebut sajanasi tumpeng lengkap dengan lauknya, gado-gado, lontong sayur, jajanan pasar seperti onde-onde, risol yang bisa membuat lidah bergoyang.

Cuaca di Queensway Park juga sangat mendukung, hangat cenderung panas. Dalam setiap tahunnya, Komunitas Paguyuban Merah Putih mengadakan 2-4 kali acara untuk menjalin silaturahmi.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Lets join IDZ Creators dengan klik di sini .

IDZ Creators
IDZ Creators
Topik Menarik