16 Oleh-Oleh Khas Pekanbaru Riau, Bolu Kemojo hingga Peyek Jangkrik!

16 Oleh-Oleh Khas Pekanbaru Riau, Bolu Kemojo hingga Peyek Jangkrik!

Travel | BuddyKu | Minggu, 26 Juni 2022 - 00:24
share

KOTA Pekanbaru , Riau punya banyak destinasi wisata seru dan menjadi rujukan para pelancong. Kemudian ada juga aneka kuliner yang unik dan otentik.

Selain itu, ada juga sejumlah cinderamata yang tak boleh dilewatkan oleh wisatawan. Berikut rekomendasi 16 oleh-oleh khas Pekanbaru yang bisa dibawa pulang untuk orang tersayang :

1. Bolu Kemojo

Adalah salah satu jajanan otentik Pekanbaru yang merupakan kue basah dengan bentuk lucu yakni seperti bunga Kamboja. Bolu Kemojo ini punya cita rasa manis dan gurih, menjadikannya salah satu oleh-oleh khas Ibu Kota Riau.

2. Roti Jala

Seperti namanya, Roti Jala adalah jajanan roti yang bentuknya menyerupai jala atau jaring untuk menangkap ikan yang terbuat dari telur dan tepung.

Keunikan wujudnya serta cita rasanya yang lezat terlebih bila dinikmati dengan kuah kari atau durian, membuat Roti Jala adalah salah satu kuliner paling terkenal di Riau dan juga menjadi sebuah oleh-oleh khas dari wilayah berjuluk Bumi Lancang Kuning itu.

Ilustrasi

Roti jala

3. Kue Bangkit

Merupakan kue yang terbuat dari sagu dimana namanya sendiri berasal dari cara memasaknya yakni saat adonan sagu mengembang seakan bangkit saat dipanggang di oven. Teksturnya yang renyah dengan cita rasa manis membuat ini adalah jajanan yang menjadi oleh-oleh khas Pekanbaru.

4. Lopek Bugi

Jajanan tradisional Riau yang terbuat dari ketan yang ditambah santan dan air pandan, menghasilkan cita rasa gurih dan manis yang begitu memanjakan lidah. Cobain dan bawa pulang lopek bugi untuk variasi pulut putih dan pulut hitam nya ya!

5. Dodol Kedondong

Pekanbaru juga punya dodol yang membedakannya dengan menu serupa yang terdapat di daerah lain. Jika dodol biasanya terbuat dari gula merah menggumpal, di Ibukota Provinsi Riau ini buah kedondong yang asam justru dibuat menjadi dodol. Cita rasanya yang unik dan tetap lezat itu pun membuat makanan ini jadi oleh-oleh khas Pekanbaru.

6. Kacang Pukul

Adalah camilan yang sekilas mirip dengan ting-ting yang ada di Jawa, namun perbedaannya terletak pada tekstur kacang yang lebih halus. Rasa manis dan gurihnya kacang ini adalah salah satu oleh-oleh khas Pekanbaru yang bisa kamu bawa pulang.

7. Keripik Nanas

Pekanbaru terkenal sebagai salah satu kota penghasil buah nanas. Dan salah satu kreasi yang populer nan otentik adalah buah warna kuning dengan rasa segar asam manis itu disulap menjadi sebuah keripik. Cobain deh!

8. Lempuk Durian

Selain Nanas, Pekanbaru juga banyak menghasilkan Durian, yang kemudian dikreasikan menjadi sebuah lempuk atau camilan yang menyerupai dodol dan dibungkus daun lontar. Rasa manis dan gurihnya durian membuat jajanan ini rasanya layak dibungkus untuk oleh-oleh setelah berkunjung atau berwisata ke Pekanbaru.

9. Talam Durian

Kreasi unik dan otentik buah durian lain yang dilakukan oleh masyarakat Pekanbaru adalah menyajikannya dalam bentuk kue talam yang memakai ketan sebagai lapisan tambahan. Kebayang lezatnya camilan ini?

Topik Menarik