Jadi Obat Alternatif PMK, Peternak Lebah Madu di Lembang Kebanjiran Pesanan

Jadi Obat Alternatif PMK, Peternak Lebah Madu di Lembang Kebanjiran Pesanan

Travel | BuddyKu | Jum'at, 24 Juni 2022 - 20:56
share

BANDUNG BARAT - Peternak lebah madu di kawasan Maribaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), mengaku akhir-akhir ini kebanjiran pesanan produknya.

Kebanyakan yang memesan adalah para peternak hewan ternak sapi perah, karena madu produksinya jadi campuran pakan sebagai obat alternatif penyembuhan dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Alhamdulillah sekarang omset meningkat, kebanyakan yang beli madu buat obat campuran pakan ternak," kata peternak lebah madu di Maribaya, Desa Langensari, Kecamatan Lembang, KBB, Koswara, Jumat (24/6/2022).

Menurutnya, peningkatan penjualan produknya terjadi sejak tersiar kabar jika campuran madu berkhasiat mengobati hewan ternak yang terserang PMK. Dirinya bersyukur jika produk madunya bisa menyembuhkan dan menekan penularan PMK.

Sekarang ini, hampir setiap hari ada peternak yang memesan madu untuk mengobati hewan ternak mereka yang sedang terkena PMK. Kebanyakan pembeli masih berasal dari wilayah KBB, yang mungkin mendengar informasi dari sesama peternak.

"Pembelinya kebanyakan dari sekitar Lembang, Parongpong, Cisarua. Sebab di daerah itu kan merupakan sentra peternak sapi," ujarnya.

Topik Menarik