Tips Liburan ke Jogja Bagi Pemula agar Liburan Makin Berkesan

Tips Liburan ke Jogja Bagi Pemula agar Liburan Makin Berkesan

Travel | BuddyKu | Jum'at, 24 Juni 2022 - 11:57
share

Yogyakarta menjadi salah satu destinasi favorit yang banyak dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara. Banyak destinasi yang ditawarkan Jogja mulai dari budaya sampai dengan alamnya yang memesona.

Jogja merupakan sebuah daerah istimewa setingkat provinsi yang berada di selatan pulau Jawa, yang letaknya disebelah selatan dari Jawa Tengah. Jogja menawarkan kemudahan akses bagi kamu yang ingin juga sekalian menjelajahi Solo atau Magelang.

Jogja memang kota wisata yang sangat populer karena keindahan dan keragaman tempat wisatanya. Ada banyak tempat menarik yang bisa di kunjungi di Jogja, namun tak jarang para wisatawan tidak memperhitungkan pengeluaran ketika liburan.

Untuk kamu yang baru pertama kali ingin pergi ke Jogja, harus mempersiapkan rencana dengan matang. Sehingga anggaran kamu tidak terbuang sia-sia. Untuk mengantisipasi akan hal itu cek beberapa tips di bawah ini agar liburan kamu bisa lebih hemat dan lebih teratur mengeluarkan uang.

1. Menentukan tempat tujuan liburan di Jogja

Sebelum memutuskan untuk pergi liburan ke kota Jogja disarankan untuk menentukan terlebih dahulu tempat mana saja yang akan menjadi tujuan berlibur, sehingga akan mempermudah ketika waktu berlibur sudah tiba. Ketika sudah sampai kota Jogja, kamu tidak akan lagi kebingungan tempat mana dahulu yang ingin dikunjungi.

2. Merencanakan bujet liburan

Sangat penting memperhitungkan pengeluaran apa saja yang akan terjadi ketika berlibur. Agar kegiatan liburan berjalan dengan aman dan nyaman, pikirkan juga tentang pengeluaran tak terduga yang bisa terjadi kapan pun. Untuk merencanakan bujet liburan kamu bisa memulainya dengan mempersiapkan bujet untuk tempat penginapan di hotel dengan jauh-jauh hari melakukan booking hotel .

3. Pilih penginapan sesuai bujet

Pemilihan penginapan seperti hotel di Yogyakarta pun akan berpengaruh kepada bujet yang dikeluarkan. Walaupun rata-rata penginapan di kawasan wisata itu mahal tidak menutup kemungkinan mendapat penginapan yang sesuai dengan bujet pengunjung. Sebagai contoh, kamu bisa memilih Indoluxe Hotel Jogja untuk tempat menginap. Hotel ini cocok bagi kamu untuk beristirahat setelah menghabiskan waktu mengeksplor kota Jogja.

4. Mempersiapkan barang secukupnya

Sebaiknya mempersiapkan barang bawaan secukupnya saja, daripada akan mempersulit ketika di perjalana. Jangan lupa untuk membawa beberapa obat-obatan, seperti obat merah atau masuk angin hal ini berguna untuk mengantisipasi kejadian yang tidak terduga ketika berwisata.

5. Tentukan kendaraan yang akan digunakan

Mempersiapkan keberangkatan pun sangat penting ketika memutuskan pergi liburan. Jika memutuskan membawa kendaraan pribadi, sebaiknya mengecek terlebih dahulu kendaraan tersebut. Jika memutuskan menggunakan kendaraan umum, sebaiknya persiapkan tiket dari jauh hari. Hal ini sangat berguna untuk mengantisipasi kehabisannya tiket keberangkatan.

6. Jangan segan untuk menawar

Ada banyak suvenir menarik yang dijajakan pedagang di pinggiran jalan atau toko, terkadang harga yang ditawarkan tidak sesuai dengan bujet awal yang sudah kamu rencanakan. Kamu jangan segan untuk menawar barang yang ingin dibeli. Jika kamu pintar dalam hal menawar barang tentu akan mendapat barang sesuai keinginan dengan bujet yang sesuai.

7. Mengunjungi tempat wisata dengan harga terjangkau

Ada banyak tempat menarik di Jogja yang menawarkan harga sangat murah bahkan masih ada yang gratis untuk dikunjungi. Beberapa referensi tempat wisata populer di Jogja antara lain Malioboro, Keraton, Nol Kilometer, atau Tugu Jogja.

Itulah tips liburan ke Jogja bagi pemula agar liburan makin berkesan. Agar lebih mudah mendapatkan akomodasi penginapan selama berlibur ke Jogja, kamu bisa melakukan reservasi lewat Tokopedia. Transaksi pun lebih mudah dan cepat, sehingga liburan kamu semakin berkesan.

CM

Topik Menarik